Putra-Putri Paku Buwono XII Rekonsiliasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Lantai dua restoran Sate Senayan di bilangan Kebayoran Baru, Kamis (31/5/2012) siang, riuh. Hujan deras tak kuasa mengalahkan suara orang-orang di dalamnya. Terlihat laki-laki dan perempuan yang duduk tertib. Ada yang paruh baya, dan tak sedikit juga ada yang sepuh.

Pandangan mereka tertuju pada sebuat potret hitam putih berukuran layar komputer, yang dua ujungnya dipegang dua perempuan. Dalam potret itu enam orang perempuan Jawa berkebaya, berjejer rapi. Kepala mereka bersanggul. Satu persatu sosok mereka diperkenalkan.

Itulah foto dari enam isteri Sri Susuhunan Paku Buwono XII, Raja Keraton Surakarta Hadiningrat yang mangkat pada 2004 silam. Sekitar delapan orang dari anak lima isteri PB XII tampil ke depan, menjelaskan foto ibu-ibu mereka kepada media dan hadirin yang datang.

Kamis sore itu, tanggal 31 Mei 2012, mereka para putera-puteri Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan PB XII sepakat mendukung Dwi Tunggal Paku Buwono XIII Hangabehi dan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Panembahan Agung Tedjowulan sebagai Raja dan Mahapatih Keraton Surakarta.

“Saya sebagai putera dan puteri almarhum PB XII di hadapan para kerabat ingin menyampaikan pernyataan dan dukungan penuh kepada pemerintah atas upaya menyatukan dualisme Raja Keraton Surakarta menjadi Dwi Tunggal,” ucap GPH Soeryo Wicaksono, yang langsung disambut tepuk tangan.

Ada empat poin yang dideklarasikan putera-puteri SISKS dan sentono keraton sore itu. Salah satunya, mendukung penuh rencana Dwi Tunggal mengumpulkan dan melakukan konsolidasi segenap putera-puteri PB XII dalam rangka memperkuat kepemimpinan dan mengembalikan kewibawaan keraton.

Acara silaturahmi putera-puteri PB XII dengan para sentono atau kerabat keraton tak ubahnya reuni keluarga besar yang lama tak bertemu. Harapan mereka cuma satu, dualisme kepempimpinan Keraton Surakarta Hadiningrat selama delapan tahun lamanya berakhir.

“Langkah selanjutnya, pulang kembali ke keraton. Kalau ada pihak lain belum sependapat akan dilanjutkan komunikasi di dalam Keraton Surakarta,” kata salah satu kerabat, Gusti Pangeran Haryo Dipokusumo yang ikut dalam acara itu.

sumber http://jakarta.tribunnews.com

About these ads

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 5, 2012, in copy paste 05 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: