CARA CERDIK JOKOWI RAIH SIMPATI PUBLIK – Galang Dukungan Via BBM dan Jualan Baju

Jokowi mencicipi masakan kaki lima seusai bersilaturahmi dengan PKL dan juru parkir di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, kemarin.

Cara cerdik dilakukan keluarga Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) dalam menggaet simpati dan dukungan warga dalam pertarungan memperebutkan posisi DKI Jakarta-1.Iriana, istri Jokowi ternyata seorang perempuan yang melek teknologi informasi. Untuk menggalang dukungan bagi Jokowi,dia memanfaatkan BlackBerry Messenger (BBM). Saat ini Iriana gencar memanfaatkan gadget tersebut untuk mencari dukungan di Pilgub DKI.

Melalui BBM dirasa praktis dan mudah,apalagi banyak orang yang sudah memiliki ponsel pintar BlackBerry. ”Saya tidak ikut tim sukses bapak,tapi selalu mendoakan dan mendukung beliau.Banyak teman mulai dari teman SD,- SMP,SMA,hingga kuliah yang menjadi warga Jakarta.Jadi saya tinggal BBM mereka untuk mendukung bapak (Jokowi),” ujar Iriana kepada SINDO di Balai Kota Solo baru-baru ini.

Kendati belakangan ini sering bepergian Solo-Jakarta dan sebaliknya,Iriana tidak merasa lelah lantaran sudah berniat tulus menjalani dan mendampingi suami. Ketika disinggung tentang baju kotak-kotak motif merah merah dan biru yang menjadi ikon bagi pasangan Jokowi- Ahok,Iriana mengaku kehabisan stok kain tersebut.Padahal sebagai istri,setidaknya dia juga harus mengenakan pakaian bermotif serupa supaya seragam.

”Saya tidak tahu mengapa di Tanah Abang kain itu malah habis seusai dipakai bapak. Bapak hanya punya dua pasang baju itu dan setiap harinya.Ya Mbah Ringgo,asal dikumbah, garing, terus dinggo saja,” akunya. Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) melihat peluang emas produksi massal kemeja kotak-kotak yang dipakainya saat mendaftar calon gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kemeja motif kotak berwarna dasar merah,biru dan putih tersebut bakal dijualnya sebagai modal kampanye dalam Pilkada DKI Jakarta. Jokowi mengaku menggandeng pengusaha konveksi lokal dalam memproduksi baju ‘kebesaran’ itu.Dia optimistis kemeja itu bakal laris manis diburu pembeli, menyusul tingginya minat masyarakat memiliki kemeja Jokowi-Ahok.

Apalagi saat ini alumni Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta itu bersama partai pengusungnya tengah mengumpulkan dana kampanye secara kolektif dari simpatisan dan kader partai. ”Bikinnya nanti 6.000 potong tahap pertama.Rencananya memberdayakan konveksi di Kalioso dan Kalijambe (Sragen).Hasil penjualan untuk modal kampanye calon gubernur di DKI,”aku Jokowi.

Kemeja tersebut saat itu dibeli Rp400.000 per tiga potong di Pasar Tanah Abang.Ke depan, produksi massal kemeja ‘Jokowi-Ahok’ dipatok Rp75.000-100.000 per potong. ”Pakai kain yang Rp20.000 per meter dengan asumsi butuh 1,5 meter per baju.Taruhlah untuk bahan butuh Rp30000.Ongkos jahit maksimal Rp15.000.Total produksi per potong Rp45.000.Jadi ada keuntungan lebih ketika dijual Rp75.000-100.000 yang nantinya untuk modal kampanye, ” jelas Jokowi.

Meski harus menempuh cara seperti ini untuk mengumpulkan duit kampanye, Jokowi tak sedikit pun merasa malu.Dia justru melihat cara ini sangat bermartabat,halal dan kreatif. Rencananya, kemeja ‘Jokowi-Ahok’ diproduksi berbagai ukuran,yaitu M,L dan XL. Dia percaya jualannya ini bakal laris manis karena model kemeja tersebut cukup digemari remaja dan dewasa. Untuk proses produksi hingga distribusi,Jokowi akan menggerakkan 15.000 relawan. Seorang relawan dibekali minimal seribu potong kemeja.

”Akan saya jual ke kader,simpatisan, dan masyarakat umum. Kemudian di Mangga Dua dan Tanah Abang,”katanya.Bila pasar merespons positif,dia bakal menambah produksi hingga 70.000 potong.Jokowi memperkirakan keuntungan penjualan tahap pertama mencapai Rp330 juta.”Murni akan digunakan sebagai dana kampanye,”terang Jokowi. Jokowi tak menyangka kemeja yang dikenakannya itu bakal digandrungi publik.Pada awalnya dia hanya ingin tampil sederhana dan merakyat.

Sementara itu baju kebesaran ‘Jokowi-Ahok’ kian diburu di Solo,menyusul banyaknya dukungan kepada Jokowi dari masyarakat Kota Bengawan.Ketua Paguyuban Pasar Gede,Jumadi,bersama para pedagang ketika syukuran dan mendoakan Jokowi-Ahok,Rabu (28/3) lalu juga mengenakan kemeja tersebut.

Sebelumnya,aksi serupa di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi,Minggu (25/3) mempertontonkan aksi menggelitik oleh dua pemeran bakal calon gubernur ini dengan memakai kemeja kotak-kotak berwarna dasar merah. ”Ada juga yang di bawah Rp100.000 tapi belinya tidak di mal.Di pasar loakan sudah bisa didapat kemeja Jokowi,” kata Jumadi.

Dia mengaku mendapatkan satu kemeja ‘Jokowi-Ahok’ di mal Matahari Singosaren Rp197.000.Menurutnya tak sulit mencari model tersebut,karena cukup menyebutkan ‘kemeja Jokowi’ saja dan pedagang sudah tahu. SITI ESTUNINGSIHABDUL ALIM Solo

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 2, 2012, in copy paste 2 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: