Fenomena Baru Calon Gubernur & Wakil Gubernur DKI Jokowi-Ahok

Tanggal 1 April 2012, penulis diajak teman tetangga untuk menghadiri perkenalan dan tatap muka dengan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, yang diselengarakan oleh PDIP cabang Jakarta Utara di Gelanggang Remaja DKI Jakarta Utara. Dengan moto : ‘Dengan Semangat Gotong Royong – MENUJU JAKARTA BARU’

Penulis melihat semangat dari para peserta anggota PDIP yang terdiri dari sebagian besar wong cilik ini, sungguh bisa mengharukan, mereka begitu bersemangat dan antusias sekali dalam mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ini. Bisa terlihat dimana ketika sang calon ini masuk ruangan, mereka begitu berantusias untuk mendekati pasangan ini. Masing-masing berebutan untuk bisa mendekat dan mengambil gambar. Melihat keadaan ini sungguh memberi kesan wong cilik ini sungguh mendambakan sosok pemimpin yang lain dari yang sudah-sudah selama ini, dimana terdiri dari tokoh-tokoh elit-elit yang sukar terjangkau dari mereka.

Kini sosok Jokowi dan Ahok yang selama ini sudah terlihat keberhasilannya dalam memimpin daerahnya, dengan gaya kesederhanaan dan merakyat atau membumi serta jujur ini, benar-benar seperti titik-titik air segar dalam kedahagaan. Mereka menaruh harapan akan masa depannya yang selama ini selalu tersingkirkan.

Memang jika dilihat selama order baru dan ‘era reformasi’ ini, kita selalu disuguhkan pemimpin-pemimpin model orba dan priyayi yang seolah berada diatas rakyatnya, dan hanya mendekati rakyatnya pada masa-masa kampanye saja, begitu terpilih mereka lupa akan konstituennya, lupa akan janji-janji semasa kampanye. Sedang rekam jejak Jokowi-Ahok ini rupanya lain dari yang lain, selama menjabat sebagai kepala daerah kedua calon ini tetap merakyat dan membumi, selalu dekat dengan rakyatnya..

Dikatakan fenomena baru, ini bisa dilihat dari latar belakang kedua calon ini bukan dari kalangan penguasa dan militer, keduanya dari kalangan swasta murni, bukan dari kalangan priyayi atau keluarga bekas penguasa, jadi dapat dikatakan unik.

Penggalangan dana kampanye juga dengan cara ‘fund raising’ dengan ciri kewiraswastaan. Salah satu contoh penggalangan dana kampanye dengan menjual kemeja corak kotak-kotak, dan bukan meminta sumbangan dari donatir berupa uang tunai dari partai atau perusahaan. Sistim fund raising demikian sungguh patut ditiru.

Kini mereka telah mulai melakukan menjual kemeja motif kotak merah ,biru dan putih , dimana modal awal didapat dari investor. Mereka mengungkapkan dari keuntungan penjualan kemeja inilah yang akan digunakan untuk dana kampanye. Sedang modal awal akan dikembalikan kepada investor setelah tim mendapat keuntungan dari penjualan kemeja ini. Konon idee ini datang dari sejumlah mahasiswa pendukung pasangan ini.

Ini merupakan suatu contoh bagi calon lainnya kelak. Sehingga jika berhasil terpilih tidak merasakan berutang kepada pemberi dana, yang mana si pemberi dana akan mendesak meminta fasilitas-fasilitas (proyek) untuk keuntungan perusahaan atau dirinya.

Pesan dalam acara perkenalan kali ini, secara singkat pasangan calon ini mengungkapkan bahwa jika mereka terpilih, pertama yang akan mereka lakukan adalah program kartu kesehatan untuk wong cilik, penataan PKL dengan lebih humanis, mengkadangkan petungan dan tameng Satpol PP. Pasangan ini berjanji tidak akan ada penggusuran PKL dengan kekerasan.

Kita semua juga mengharapkan jika pasangan ini terpilih sebagai gubernur dan wakil gunbernur benar-benar berpihak kepada wong cilik, tidak kepada partainya dan pengusaha besar. Melainkan berpihak kepada semua warga dan untuk kepentingan perkembangan DKI. Dan benar-benar dengan semangat Gotong Royong yang berupa inti sari Pancasila membangun DKI, yang selama ini hampir terlupakan. Tetap jujur seperti apa yang telah diucapkan oleh Ahok dalam talkshow di Green Radio “pentingnya kepemimpinan yang Bersih, Transparan dan Profesional”. Dengan menyebut pepatah Tiongkok kuno yang berbunyi ‘apabila kepalanya lurus, maka bawahnya tidak akan berani tidak lurus’.

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 2, 2012, in copy paste 2 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: