Jokowi Masuk Nominasi Dunia

SOLO—Kepopuleran Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi), tak hanya bergaung di tingkat nasional. Nama calon gubernur DKI Jakarta itu bahkan telah diakui dunia internasional.
Saat ini, Jokowi menjadi nomine bersama walikota se-dunia dalam ajang Penghargaan Kepala Daerah Sedunia 2012. Penyelenggaranya, The City Mayors Foundation, saat ini sedang mencari kandidat-kandidat baru.

Bersambung ke Hal 15 kol 1
Penghargaan yang digelar setiap dua tahun sekali ini diberikan kepada kepala daerah yang memberikan kontribusi luar biasa bagi komunitasnya dan menciptakan visi yang jelas untuk permukiman yang relevan dengan kota-kota di seluruh dunia.
Yayasan ini mencari kandidat-kandidat kepala daerah yang setidaknya telah menjabat selama dua tahun. Untuk tahun ini, hingga Minggu (1/4), di situs resmi worldmayor.com telah tercatat 70 nama kepala daerah sedunia menjadi nomine. Mereka terdiri dari 15 kepala daerah dari Amerika Utara, 12 kepala daerah dari Amerika Latin, 24 kepala daerah dari Eropa, 17 kepala daerah dari Asia, tiga kepala daerah dari Australia dan enam kepala daerah dari Afrika.
Pada ajang serupa tahun 2010, Walikota Mexico City, Marcello Ebrard, berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut. Pencalonan nama-nama kepala daerah akan dibuka hingga pertengahan Mei 2012. Daftar nomine itu akan diperbarui oleh penyelenggara di situs resminya dan di Twitter.
Dari jumlah nomine yang masuk itu akan diperas hingga terpilih 25 nama. Selanjutnya, ke-25 nama itu akan diumumkan awal Juni 2012. Sedangkan nama pemenang bakal diumumkan pada awal Desember 2012.
Pada 2012 ini, Amerika Serikat (AS) menjadi penyumbang nomine terbanyak. Nama yang ikut bertanding dari Amerika Serikat merupakan nama yang sudah populer di dunia, antara lain Walikota Boston Thomas Menino. Tapi, ada juga walikota yang kurang terkenal, yaitu John DeStefano dari New Haven.
Sementara Kanada memiliki sejarah panjang sebagai penghasil walikota visioner. Ini bisa dilihat dari torehan Kanada di ajang tersebut, antara lain Walikota Hazel McCallion (runner up pada 2006); Walikota Calgari David Bronconnier (nomine 2006); Walikota Winnipeg Sam Katz (nomine 2008) dan Walikota Surrey Dianne Watts (masuk rangking keempat 2012).
Dari Benua Asia, Indonesia dan Filipina sama-sama mencatatkan tiga nama di daftar nomine. Dari Indonesia, ada nama Joko Widodo (Walikota Solo), Tri Rismaharini (Walikota Surabaya) dan Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulawesi Selatan). Mereka akan bersaing dengan para pemimpin daerah dari Angeles City (Filipina), Davao (Filipina), Manila (Filipina), Muscat (Oman), Osaka (Japan), Mumbai (India), Matale (Sri Lanka), Tel Aviv (Israel), Seoul (Korea Selatan) dan Ankara (Turki). Astrid Prihatini WD, Hijriyah Al W/JIBI/SOLOPOS

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 2, 2012, in copy paste 2 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: