DPRD Solo Apresiasi Jokowi

SOLO—Kalangan DPRD Kota Solo menanggapi positif masuknya Joko Widodo (Jokowi) dalam daftar nominasi kandidat peraih walkota terbaik se-dunia.
Menurut Ketua DPRD Kota Solo, YF Sukasno, dengan terpilihnya Jokowi sebagai salah satu kandidat walikota terbaik sedunia versi The City Mayor Foundation tersebut, berarti kinerja Orang Nomor Satu di Kota Bengawan itu mendapatkan perhatian dari dunia. Hal itu menunjukkan bahwa Kota Solo secara umum juga mendapatkan perhatian dari dunia.
“Satu sisi kami menilai itu bagus karena ada yang memperhatikan kinerja beliau (Jokowi-red) sebagai Walikota Solo. Dari penilaian tersebut, Jokowi sebagai walikota dinilai baik. Itu artinya, Kota Solo secara umum juga diperhatikan oleh dunia, termasuk keberadaan Solo dengan seluruh elemennya, termasuk Pemkot, lembaga DPRD hingga masyarakat Solo juga dinilai baik,” ujar Sukasno saat dimintai tanggapan, Senin (2/4).
Jika nantinya Jokowi benar-benar meraih predikat walikota terbaik, menurut Sukasno, tentunya akan lebih memotivasi masyarakat untuk mewujudkan Kota Solo ini menjadi lebih baik sesuai peranan masing-masing.
“Jadi kalau Pemkot, ya akan terpacu untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakatnya, DPRD juga akan termotivasi untuk lebih baik lagi dalam menyampaikan aspirasi masyarakat, termasuk masyarakatnya yang akan menjadi warga yang lebih baik untuk kemajuan kotanya,” imbuh dia.
Tanggapan positif juga datang dari Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto. Namun Supriyanto menyoroti kredibilitas lembaga pelopor pemilihan tersebut. Menurut Supriyanto, dari penilaian walikota terbaik sedunia itu perlu diperhatikan pula kredibilitas lembaga penyelenggaranya, kriteria apa saja yang melatarbelakangi penilaian tersebut hingga parameter yang dinilai dari seorang kepala daerah tersebut.
“Parameternya antara lain apakah kondisi geografis daerahnya ada kriteria khusus atau seperti apa, sehingga para kepala daerah itu termotivasi untuk melaksanakan kinerja yang terbaik bagi daerah yang dipimpinnya,” kata Supriyanto.
Politis
Jika ternyata lembaga penyelenggara tidak kredibel, Supriyanto mengaku khawatir publikasi hasil penilaian dari pemilihan walikota terbaik sedunia itu hanya dijadikan komuditas politik. Terlebih jika dikaitkan dengan pencalonan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Tapi kalau memang lembaga itu benar-benar kredibel dan Jokowi benar-benar masuk daftar sebagai walikota terbaik sedunia, kami menyambut positif. Hanya saja pada kenyataannya kami melihat hingga kini banyak program-program di Solo yang dirintis Pak Jokowi yang belum terselesaikan,” tandasnya.
Walikota Solo Joko Widodo sudah mendengar kabar dirinya masuk nominasi Wali Kota Terbaik Sejagat. Namun pria yang akrab disapa Jokowi tersebut santai menanggapi hal itu. “Biasa saja,” kata Jokowi seusai memberikan kuliah umum di UI, Depok, Jawa Barat, kemarin.
Menurut Jokowi, sebagai walikota sudah tugasnya bekerja dan berkarya. Mengenai penilaian bagaimana hasilnya jelek atau buruk, Jokowi menyerahkannya ke masyarakat.
“Silakan mau dinilai baik ya silakan juga. Yang menilai kan orang lain dari lembaga internasional atau dari masyarakat. Saya tidak mengerti kriterianya, tapi ya bersyukur,” ungkap pria kelahiran Solo, 21 Juni 1961 yang mengenakan kemeja kotak-kotak, celana jeans dan sepatu kets ini.
Jokowi mengaku ada atau tidak nominasi tersebut, tidak berpengaruh bagi pekerjaannya. “Ada atau tidak itu tidak pengaruh karena saya tetap bekerja,” akunya.
Selain Jokowi, Walikota Surabaya Tri Risma Harini (Risma) juga menjadi nomine. Nama mereka tertera di antara puluhan kandidat Wali Kota Terbaik dari lima benua di dunia.
Nama Jokowi dan Risma terpampang dalam salah satu kandidat, dari 17 kandidat dari Asia. Jumlah kandidat yang lain adalah 15 walikota dari Amerika Utara, 12 walikota dari Amerika Latin, 24 walikota dari Eropa, 3 walikota dari negara Australia dan enam walikota dari Afrika.
The City Mayor Foundation merupakan organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2003 untuk mempromosikan, mendorong dan memfasilitasi pemerintahan lokal yang terbuka dan kuat. Sejak tahun 2004, organisasi ini meluncurkan penghargaan World Mayor Prize yang diadakan setiap dua tahun sekali. JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryantie/dtc

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 3, 2012, in copy paste 3 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: