Jokowi Janjikan Dana Kesehatan untuk Warga KTP Musiman di Jakarta

Solo Bukan hanya penduduk ber-KTP Jakarta yang akan mendapatkan jaminan kesehatan dengan program Jakarta Sehat. Jika terpilih, Joko Widodo berjanji akan memberikan dana kesehatan bagi warga ber-KTP musiman atau bukan penduduk Jakarta.

Jokowi mengatakan, jaminan kesehatan tidak melulu diberikan kepada warga yang memiliki KTP Jakarta. Seluruh warga yang menghuni Jakarta, baik yang ber-KTP Jakarta maupun yang hanya ber-KTP musiman harus mendapatkan jaminan kesehatan yang sama. Sedangkan khusus bagi warga yang memegang KTP musiman, dana kesehatan akan diambil dari anggaran kasus.

“Ada anggaran kasus yang bisa dimanfaatkan. Bagi yang bukan warga Jakarta, tapi ditemukan sakit di Jakarta, ya kita kirim ke rumah sakit. Apa ya akan dibiarkan saja. Dananya menggunakan anggaran kasus, bukan menggunakan anggaran Jakarta Sehat. Yang namanya anggaran kasus itu dimana-mana ya ada. Di sini (Solo) juga ada,” ujar Jokowi kepada wartawan di Solo, Kamis (5/4/2012).

Jokowi juga menegaskan akan mengelola program Jakarta Sehat layaknya dia mengelola PKMS (Program Kesehatan Masyarakat Surakarta) yang telah berjalan dengan baik di Solo selama ini. Dia optimis dengan dana yang ada, program Jakarta Sehat akan berjalan lancar, bahkan dana yang dianggarkan akan berlebih.

Selama ini, lanjut Joko, PKMS hanya membutuhkan dana sekitar Rp 19 miliar untuk anggaran kesehatan bagi 500 ribu penduduk Solo. Sedangkan Jakarta saat ini jumlah penduduknya mencapai 10 juta atau 20 kali lipat penduduk Solo. Dengan hitung-hitungan kasar yang dilakukan Jokowi, sebenarnya dana kesehatan yang dibutuhkan untuk warga Jakarta sekitar Rp 380 miliar.

“Anggaran kesehatan di Jakarta sangat besar, Rp 560 miliar. Kalau hitungan saya dengan perbandingan PKMS di Solo ini, dana yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 19 miliar 20 yaitu sekitar Rp 380 miliar. Sehingga anggaran yang ada itu sudah sangat lebih dari cukup,” ujar bakal calon gubernur dari PDIP dan Gerindra itu tanpa memperhitungkan perbandingan harga di Solo dengan Jakarta.

(mbr/mok)

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 5, 2012, in copy paste 5 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: