Nama Jokowi Berasal dari Perancis

KOMPAS.com — Wali Kota Solo Joko Widodo mulai menggunakan nama panggilan “Jokowi” setelah tahun 1998, seusai Indonesia dilanda krisis moneter hebat.

Krisis ekonomi ketika itu malah membuat usaha mebel Jokowi makin menggila. Nilai tukar dollar AS yang menguat terhadap rupiah membuat mebel Jokowi laku keras di luar negeri. Salah satu negara yang kepincut dengan mebel produksinya adalah negara Perancis.

Dari Perancis-lah kemudian nama Jokowi muncul. Dalam buku “JOKOWI, Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker,” karya Yon Thayrun dijelaskan, nama Jokowi didapatkan dari salah seorang pelanggan mebelnya asal negara Perancis. Namun, dalam buku ini tidak dijelaskan siapa sebenarnya pencetus nama Jokowi asal Perancis itu.

Sebelum menggunakan nama Jokowi, penggemar musik rock itu kerap dipanggil Joko. Sang pelanggan asal Perancis pun lama-lama mengeluhkan nama Joko karena sudah banyak orang menggunakan nama itu.

Dijelaskan bahwa si pelanggan sering salah kirim surat, sebagai contoh surat untuk manajer pabrik mabel di Jepara malah sampai di meja kerja Jokowi. Tak hanya itu, salah seorang pegawai sang pelanggan yang hendak mengirimkan faksimile ke Joko yang berada di Surabaya justru tersasar ke pabrik Jokowi di Solo.

“Mulai saat itu, pelanggan asal Perancis tersebut memanggil saya dengan nama Jokowi untuk membedakan dengan Joko-Joko yang lain,” katanya.

Nama itu pula yang terus menempel di baju dinasnya, sebagai wali kota hingga saat ini. Bahkan di kartu nama resminya sebagai wali kota pun, ia tetap menggunakan nama pemberian teman Perancisnya itu. (Nurmulia Rekso Purnomo)

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 5, 2012, in copy paste 5 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: