Jokowi, Walikota Pro Rakyat Merakyat dan Dicintai Rakyat

Jokowi, Walikota Pro Rakyat Merakyat dan Dicintai Rakyat – Tujuh tahun lalu, Jokowi bukan siapa-siapa. Ia Cuma seorang pengusaha mebel sekaligus Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO). Ia bisa dibilang buta soal politik. Pecinta musik rock ini tidak punya banyak kenalan politisi.

Bahkan tujuh tahun lalu Megawati Pernah Berkata “Ini calon walikotanya?ngak ada yang lain?ini sih g ada potongannya !

Namun ternyata nasib berkata lain. Pasangan Jokowi- Hadi mengungguli lawan-lawanya. Pasangan ini pelan-pelan mampu membuat perubahan di Solo dengan sejumlah gebrakan.Sehingga jadilah Jokowi menjadi walikota pro rakyat, merakyat dan karena itu dia dicintai rakyat.

Pada pemilukada kedua jokowi,jokowi melawan calon dari koalisi besar yang dikomandani oleh demokrat dan golkar.Hasilnya Jokowi mendapatkan 91% suara.Padahal pada kampanye kedua tersebut tidak ada pawai,arak arakan dan pengerahan massa.Paling tidak ada 5 terobosan penting Jokowi selama memimpin solo sehingga iya dia dicintai rakyatnya.
1. Sukses merelokasi pkl tanpa penggusuran dan kerusuhan
Jika didaerah lain merelokasi pkl biasanya diwarnai kerusuhan dan bahkan korban jiwa.Di solo relokasi berjalan tertib.Pertanyaanya adalah mengapa?! Jokowi tak serta merta menggusur mereka. Sebanyak 54 kali pertemuan supaya ada kesepahaman dengan para pedagang. Dari 54 kali pertemuan itu, sebagian besar hanya diisi dengan makan siang bersama.Menurut jokowi pejabat harus memanusiakan PKL karena mereka juga merupakan salah satu penggerak ekonomi kerakyatan.Jangan malah dianggap PKL itu sampah yang harus dibuang dari kota.

2. Sukses menata pasar tradisional dan minus mal
12 pasar tradisional di kota solo ditata dan dibangun ulang sehingga terlihat lebih bersih dan nyaman..Jokowi pernah berkata,” Saya bukan anti mall tapi pembangunannya harus dibatasi demi kepentingan umum” Jokowi menyadari betul bahwa pasar tradisional akan banyak membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk solo dibandingkan mal dan minimarket dan mal yang hanya dimiliki segelintir elit kapitalis.Di solo sekarang terdapat 3 mall yang ketiganya ijinnya keluar pada masa walikota sebelum jokowi.
3.Sukses membawa solo go to internasional
Melalui berbagai program pariwisata dan pertukaran budaya solo sukses go to internasional.Terbukti dengan banyaknya kongres internasional yang diadakan di kota solo.Bahkan solo sekarang menjadi kandidat 7 Wonder City.

4.Sukses menjaga solo kota bersih dari korupsi
Solo mendapatkan peringkat 3 survei dari tim transparency international indonesia pada tahun 2010.Jokowi berkata ,”Berantas korupsi itu tergantung komitmen pemimpinnya sebab kalau pemimpinnya bersih anak buahnya kotor maka tinggal ganti saja anak buahnya”.

5. Sukses mengangkat mobil kiat esemka dan membangkitkan industri otomotif dalam negeri
Apa yang dilakukan jokowi yakni menggunakan mobil hasil rakitan murid murid anak smk di solo adalah bentuk penghargan sekaligus proteksi produk lokal terhadap serbuan barang barang impor.Sejujurnya walaupun sudah merdeka sejak tahun 1945 indonesia masih terjajah secara ekonomi.Jokowi pernah berkata ,”Jangan hanya mencari sisi gelapnya karena kita ingin membangun semangat dan motivasi.Terbukti anak anak smk kita juga ikut semangat dan bangga mobil buatan mereka dipakai”

Sebenarnya yang dilakukan jokowi itu sederhana namum tidak mampu dilakukan pejabat lain di negeri ini.

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 6, 2012, in copy paste 6 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: