Jokowi : Seharusnya Esemka Dipermudah

Senin (2/4), bertempat di Ruang Terapung, Perpustakaan Pusat, Universitas Indonesia, Depok, Wali Kota Solo, Ir. Joko Widodo (Jokowi) memberikan kuliah umum mengenai transportasi dan industri Esemka. Antusiasme sivitas UI tampak sejak pukul 11.00 WIB. Kuliah umum tersebut dimulai pada pukul 12.00 dan dihadiri oleh Rektor UI, Gumilar R. Soemantri serta lebih dari 100 orang turut memenuhi Ruang Terapung, Perpus Pusat UI ini.

Sebelum mengisi kuliah umum, Jokowi menyempatkan diri bersepeda di sekitar danau UI. Wali Kota yang telah mempimpin Kota Solo selama dua periode ini menekankan bahwa kehadiraannya adalah untuk memberikan kuliah umum mengenai transportasi dan Industri Esemka yang sedang digencarkannya. “Saya datang bukan untuk kampanye, saya datang karena diundang mengenai transportasi dan Esemka,” tegas Jokowi.

Dalam perjalanan menuju UI untuk memberikan kuliah umumnya, calon Gubernur DKI Jakarta periode 2012–2017 ini menggunakan KRL Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Pondok Cina.

Peraih World Mayor Prize dan nominator The City Mayor Foundation, sebagai Wali Kota terbaik di dunia ini mengungkapkan kekecewaannya terhadap kegagalan mobil Esemka dalam uji emisi. “Saya kecewa, kenapa produk dalam negeri seperti Esemka dipersulit, sementara produk luar negeri dipermudah,” ujar Jokowi mengenai kemarahannya mengenai kegagalan mobil Esemka dalam uji emisi.

Tampak dari salah satu peserta kuliah umum yang juga guru SMK, menanyakan apa peran yang dapat dilakukan mahasiswa dan universitas dalam mengembangkan industri Esemka, Jokowi mengungkapkan, “Peran mahasiswa dan universitas adalah di bidang riset, baik pra maupun pascaproduksi,” jelasnya.

Sosok yang dikenal sebagai penggemar band Dream Theater ini menunturkan bahwa hal yang dilakukannya terhadap Esemka ini merupakan cita-citanya agar Indonesia memiliki produk yang lahir dari tangan anak negeri. “Selama 66 tahun Indonesia merdeka, kita belum memiliki mobil buatan dalam negeri, sudah saatnya membuat peradaban baru bagi ekonomi Indonesia. Kita harus dapat menciptakan mobil sendiri,” ujar Jokowi.

Mengenai transportasi, berdasarkan pengalamannya menggunakan KRL Commuter Line ke Depok, Jokowi berpendapat, “Sebenarnya KRL sudah baik, hanya saja armadanya masih kurang.” Tutup Jokowi.

Teks : Yanuardi Budilaksono

SUMBER http://suma.ui.ac.id

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 7, 2012, in copy paste 7 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: