Jokowi Tak Galau Kalah Populer di Survei LSI

VIVAnews – Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, menempati urutan kedua dalam hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Mereka kalah populer dari pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Merasa popularitasnya belum tinggi, Jokowi menyiapkan strategi khusus untuk bisa mengalahkan popularitas incumbent yang berada di posisi pertama. Jokowi mengaku, mempunyai strategi yang tidak mungkin dapat ditiru calon lain.

“Kalau di media sosial seperti Twitter dan Facebook itu sudah. Yang belum itu langsung ke masyarakat. Caranya bagaimana, itu kan strategi. Masih dirahasiakan,” kata Jokowi kepada VIVAnews, Minggu malam, 8 April 2012.

Menanggapi hasil survei LSI, Jokowi menegaskan tidak ada yang berlebihan dengan hasil survei itu. Dia menilai survei itu wajar saja untuk mengukur popularitas masing-masing calon gubernur.

Dia akan menggunakan hasil survei itu sebagai bahan evaluasi bagi dirinya dan tim suksesnya. Jokowi menegaskan, belum ada rencana untuk melakukan survei dari internal PDI Perjuangan maupun Partai Gerindra sebagai partai pengusungnya.

“Kita pakai survei dari yang lain saja, lebih murah karena nggak bayar,” kata dia sambil tertawa.

Meskipun berada di urutan kedua dengan perolehan 14,4 persen, Jokowi mengaku optimistis dapat segera menyalip popularitas incumbent. Dia masih mempunyai waktu tiga bulan hingga pemilihan pada 11 Juli 2012 mendatang.

“Saya sangat optimis, kerja harus optimis,” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini mesin politik belum digerakkan dan masih dalam tahap manajemen perencanaan. Sedangkan tahap manajemen pelaksanaan belum dilakukan sehingga wajar saja popularitasnya belum naik signifikan.

“Kita lihat nanti, setelah pelaksanaan berapa peningkatannya. Itu kan sudah kerja timnya, pasti akan naik. Kita lihat saja,” ujarnya.

Seperti diketahui, Survei Lingkaran Survei Indonesia menunjukkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara) berpeluang memenangkan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 dalam satu kali putaran.

Cukup 1%

Direktur Citra Komunikasi Lingkaran Survei Indonesia Toto Izul Fattah mengatakan, berdasarkan survei mereka, apabila Pilgub DKI Jakarta pada hari ini juga (26 April-1 April 2012 saat waktu penyelenggaraan survei), maka mayoritas responden yang merupakan pemilih Jakarta akan memilih Foke-Nara sehingga mereka berpotensi menang satu putaran saja.

“Pasangan ini didukung oleh 49,1 persen pemilih. Hanya butuh tambahan 1 persen saja, maka pasangan ini sudah memenuhi syarat untuk menang satu putaran. Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan masih tersisa 15,8 persen,” kata Toto di kantor Lingkaran Survei Indonesia, Jakarta.

Pasangan cagub-cawagub dinyatakan menang apabila mengantongi suara 50 persen plus satu. Survei opini publik oleh LSI yang digelar 26 Maret-1 April 2012 menggunakan multistage random sampling, dengan jumlah responden 440 dan margin of eror sebesar 4,8 persen.

“Pasangan lain yang mungkin mampu mengimbangi Fauzi-Nara adalah Jokowi-Ahok. Tapi dukungan untuk mereka hanya 14,4 persen, sementara 4 pasangan lain masing-masing hanya mendapat dukungan di bawah 10 persen, bahkan ada yang di bawah 5 persen,” terang Toto. (ren)
sumber http://us.metro.vivanews.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 9, 2012, in copy paste 9 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: