Jika Jokowi Pimpin Jakarta, Siapa Pimpin Indonesia?

Pagi ini, pandangan terbelalak ketika membaca Koran Solopos. Pada halaman pertama bagian bawah, terpampang sebuah judul berita. Berdasarkan hasil jajak pendapat, Pak Jokowi terpilih sebagai calon gubernur DKI terkuat. Pak Jokowi, Walikota Solo saat ini, mampu mengalahkan keempat tokoh lainnya, yaitu Faisal Basri, Fadel Muhammad, Sandiaga S Uno, dan Chairul Tanjung. Menurut penilaian dalam survey tersebut, Pak Jokowi dipandang mampu mengatasi beragam problema Jakarta. Jakarta memerlukan sosok pemimpin yang kredibel, visioner, dan merakyat. Dan ketiganya memang melekat kuat pada diri Pak Jokowi.

Saya memang tidak menjadi warga Kota Solo. Saya adalah warga Sragen yang teramat berdekatan dengan Solo. Selain bertempat tinggal dekat dengan Solo, saya memang sering beraktivitas ke Solo untuk beragam kepentingan. Oleh karena itu, saya kepincut habis dengan Pak Jokowi. Pemimpin yang kharismatik, rendah hati, dermawan, merakyat, dan berwajah cool. Begitu saya memandang wajah beliau, tersungginglah sebuah senyuman khas wong Solo. Benar-benar sosok pemimpin (daerah) yang teramat langka di republik ini.

Berpandangan tentang Jakarta, saya memunyai pandangan berbeda dengan keumuman. Menurutku, Jakarta tidak memerlukan pemimpin seperti Pak Jokowi. Mau diatur seperti apapun, Jakarta sulit dikendalikan. Laju pertumbuhan penduduk dan kendaraan benar-benar membuat sesak Jakarta. Saya yakin seyakin-yakinnya bahwa pemimpin sebaik Pak Jokowi pun tidak mungkin dapat mengatasi problema macet dan banjir. Dalam pandanganku, Ibukota Indonesia memang layak dipindah dari Jakarta.

Setiap tahun, pertumbuhan penduduk urban terus menggencet dan memadati setiap sudut ibukota. Semua orang berbondong-bondong mengadu nasib ke Jakarta meskipun tidak memiliki bekal keilmuan yang sepadan. Maka, sebuah daerah seperti Jakarta yang hanya beberapa kilometer kok dihuni sekian puluh juta manusia, jelaslah itu adalah sebuah kemustahilan untuk diatur. Satu-satunya solusi adalah dipisahnya ibukota pemerintahan dan perdagangan sehingga Jakarta tak lagi menjadi sentral atas keduanya.

Setiap hari, pertumbuhan kendaraan pun semakin menggila di Jakarta. Jutaan kendaraan setiap lalu lalu sembari minum BBM sekian juta kiloliter. Sontak jalanan Jakarta tak mungkin muat menampung sekian juta kendaraan. Konsumsi BBM pun makin menggila dan mengotori Jakarta. Maka, tak urung udara Jakarta sangat tidak sehat bagi kesehatan. Polusi kian menjadi karena masyarakatnya telah menjadi penggila kendaraan. Nyaris setiap rumah memiliki mobil atau setidak-tidaknya motor sejumlah penghuninya.

Berdasarkan pemaparan di atas, saya sangat tidak setuju jika Pak Jokowi diminta untuk memimpin Jakarta. Pak Jokowi lebih layak memimpin Indonesia daripada sekadar Jakarta. Jika hanya memimpin Jakarta, Pak Jokowi sudah diharuskan untuk berhadapan dengan rivalitas budaya Jakarta yang notabene kurang dikuasai Pak Jokowi. Saya justru mengkhawatirkan Pak Jokowi bisa tamat jika dipaksakan memimpin Jakarta. Jakarta teramat keras bagi pemimpin yang berasal dari daerah.

Kini, bangsa kita benar-benar memerlukan sosok pemimpin seperti Pak Jokowi. Seorang pemimpin yang benar-benar kharismatik, visioner, merakyat, kredibel, dan rendah hati. Indonesia akan berkembang dan semakin maju jika dipimpin oleh pemimpin yang sudah memiliki kelimanya. Indonesia bubrah karena pemimpinnya sudah keblinger jabatan sehingga kurang peka dengan kondisi rakyatnya. Pemimpinnya gemar berpesta di tengah derita, gemar korupsi di tengah kemiskinan, dan malas belajar dari bangsa lain yang lebih maju. Pak Jokowi, saya jatuh cinta padamu. Bawalah Indonesia maju!

sumber http://politik.kompasiana.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 13, 2012, in copy paste 13 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: