Pesawat Presiden, SBY, PT DI dan Jokowi

Pemerintah telah membeli pesawat kepresidenan. Pesawat itu dibeli dari Boeing, perusahaan raksasa yang bermarkas di Amerika Serikat. Pesawat RI-1 ini kini tengah dipermak interiornya. Lagi-lagi yang mengerjakan bukan perusahaan negeri sendiri. Kabarnya perusahaan dari Paman Sam juga.

Di Indonesia, sebenarnya ada perusahaan yang juga memproduksi pesawat terbang. Namanya PT Dirgantara Indonesia atau biasa di singkat PT DI. Sayang, kendati perusahaan itu masuk kategori plat merah, tak kecipratan rejeki dari proyek pengadaan pesawat presidenan. Boro-boro menjadi pembuatnya, diikutkan untuk mempermak interiornya pun tidak.

Padahal, reputasi PT DI sebagai perusahaan pembuat pesawat, sudah cukup menggema di dunia internasional. Beberapa negara sudah percaya memesan pesawat pada perusahaan yang dulu kelahirannya dibidani oleh Mantan Presiden Habibie.

Tercatat, tiga negara yang menggunakan CN -235, tipe pesawat buatan PT DI. Tiga negara itu adalah Malaysia, Korea Selatan dan Pakistan. Bahkan pesawat hasil racikan PT DI itu, bukan pesawat biasa, tapi dipakai sebagai pesawat kepresidenan. Sungguh sebuah penghargaan yang membuat PT DI bangga.

Sayang Presiden SBY tak tertarik ikut menggunakannya. SBY lebih memilih pesawat buatan Boeing. Sayang memang, pertimbangannya apa, saya tidak tahu. Padahal diluar pesawat kepresidenan yang di beli tiga negara itu, PT DI juga banyak menerima pesanan pesawat dari Turki, Brunei, Filipina dan negara lainnya. Turki menjadi pelanggan terbesar, dengan pemesanan paling banyak.

Lalu publik disentakan dengan berita dari Kota Solo. Djoko Widodo atau biasa dikenal Jokowi, mengganti kendaraan dinasnya sebagai Walikota Solo, dengan sebuah mobil buatan SMK di kotanya. Nama mobil itu adalah Kiat Esemka. Padahal sebagai walikota, sebagaimana walikota dan bupati lainnya, kendaraan dinas itu harus kinclong, produk mutakhir, dan dari merek terkenal, Toyota atau Mercy.

Cerita t Kiat Esemka dan Jokowi pun kemudian mewarnai pemberitaan. Bahkan sampai tembus ke Jakarta. Jokowi dan Kiat Esemkanya jadi bintang media.

Jokowi berdalih, pergantian mobil dinasnya dari yang kinclong ke mobil buatan siswa SMK di kota yang dipimpinnya, adalah bentuk apresiasi. Seorang pemimpin harus bisa mengapresiasi karya rakyatnya. Dan tidak dengan janji, tapi dengan butuh kongkrit. Pemimpin harus bisa membuat bangga rakyatnya. Sehingga rakyat dengan karyanya bisa menepuk dada.Maka digantilah mobil dinas Jokowi dari Toyota merek Jepang, ke mobil buatan rakyatnya.

Saya pun berpikir, dan coba membayang-bayang. Kalau saja Jokowi itu adalah presiden saya. Presiden RI. Saya yakin, ia tak akan melirik Boeing, andai ia butuh pesawat kepresidenan. Saya bahkan hakul yakin, bila PT DI yang akan di lirik Jokowi. Entahlah, saya sangat yakin saja, Jokowi bakal melakukan apa yang saya bayangkan, jika ia jadi presiden saat ini.

Sayang Jokowi bukan presiden. Dia sekarang masih Walikota Solo. Tapi saya doakan, ia bisa punya jalan menuju RI-1. Sehingga Jokoisme itu tak hanya membuat bangga warga Solo, tapi juga semua rakyat Indonesia.

Gimana Pak Jokowi, sampean tertarik menjadi presiden? Atau ingin mencicipi dulu kursi gubernur ibukota? Monggo, silahkan, saya dukung sampean…

sumber http://sosok.kompasiana.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on April 13, 2012, in copy paste 13 Apr 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: