Cegah Kecurangan, Ahok Ingin Buat Sayembara Rekam TPS

JAKARTA, KOMPAS.com – Bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra, Basuki Tjahaja Purnama, seakan tidak pernah kehilangan ide untuk menjalani berbagai proses dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

Kali ini, ia mengemukakan gagasan berupa sayembara perekaman penghitungan suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Saya memang pernah menerapkan ini waktu pemilihan bupati di Belitung Timur. Terbukti nggak ada yang hilang suaranya.

— Ahok

“Saya memang pernah menerapkan ini waktu pemilihan bupati di Belitung Timur. Terbukti nggak ada yang hilang suaranya. Itu saya videokan proses penghitungan suaranya,” kata Ahok, sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama, ketika berkunjung keKompas.com, Selasa (17/4/2012).

Ia menuturkan bahwa sewaktu di Belitung Timur, langkah ini dilakukan oleh orang-orangnya saja. Namun mengingat wilayah Jakarta yang lebih besar dari Belitung Timur, maka muncul ide untuk membuat sayembara video dokumentasi penghitungan suara di masing-masing TPS.

Sehingga, di tiap TPS akan ada dokumentasi proses penghitungan suara yang juga dapat menjadi alat untuk mencegah kecurangan.

“Sekarang kami berpikir untuk membuat itu. Sehingga semua orang bisa membuat di TPS tempatnya milih. Jadi semua TPS bisa ada videonya. Nah, itu nggak ada yang berani curang itu,” ungkap Ahok.

Karena akan dikemas dalam bentuk sayembara, maka tentu saja pihaknya nanti akan menyediakan hadiah bagi para peserta video dokumentasi ini.

Pembagian hadiah ini juga akan melewati tahap seleksi. Sehingga peserta yang beruntung nantinya akan berhak membawa pulang hadiah yang disediakan.

“Mungkin hadiahnya BlackBerry, Ipad 3 atau kamera. Semua orang pasti suka itu kan. Nah, kami lagi berpikir seperti itu. Tapi tetap tergantung uang yang masuk ya, karena dana kami sangat terbatas. Jadi siapapun yang mau nyumbang selama sah ya silakan saja. Yang terpenting kami tidak terikat,” tandasnya.

sumber http://megapolitan.kompas.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 4, 2012, in copy paste 4 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: