Pasar Modern, Pasar Tradisional, dan Joko widodo

Di abad 20-an ini atau lebih jelasnya di jaman modern ini segala sesuatunya itu serba canggih serta di tunjang dengan ilmu pengetahuan baik tehnik atau sains, negara-negara maju dan modern seperti negara di eropa dan sebagian di asia mereka berlomba-lomba menciptakan pasar untuk memasarkan atau menjual segala macam produk yang di ciptakan guna mendapatkan devisa/pemasukan bagi negaranya masing2 sebagai faktor utama untuk menunjang perekonomian negaranya.

Amerika terkenal dengan produk peralatan perangnya sebagai misi menguasai ekonomi di dunia, China dan Jepang dengan peralatan elektronik dan otomotifnya, Prancis dan jerman dengan peralatan pertaniannya,Kanada dan Inggris dengan bisnis ritelnya yaitu carefour,alfamart dll. tapi juga negara-negara tersebut juga gentar mengekspansi di dunia yang mencakup hajat hidup orang banyak,misalnya kekayaan bumi berupa minyak, tambang,air dll.

Indonesia sebagai  negara berkembang dan masih taraf hidupnya menegah kebawah penduduknya sbagaian besar ini tak luput dari serangkaian kebijakan negaranya yang menganut sistem neoliberalisme dan menitik beratkan pada investasi asing agar mau mengeksplorasi kekayaan alam serta membuka lapangan kerja bagi rakyat cara itu di ambil dan di lakukan supaya di anggap sebagai alasan/ bentuk tanggung jawab negara untuk menyejahterakan rakyatnya.

Kalau kita menilik dari tingkatan kehidupan rakyat indonesia yang masih tradisional dari pola hidup dan berinteraksi dengan masyarakat ambil contoh pasar tradisional, dari pasar ini masyarakat melakukan interaksi ari berbagai lapisan dan suku yang campur dan menyatu dengan tujuan ingin jual beli guna memenuhi kebutuhannya sehari-hari dan dari sini tercipta suatu rasa kekeluargaan yang sangat kental yang mana adalah ciri khas pola kehidupan masyarakat indonesia yang masih menganut sistem gotong royong dan kekeluargaan. dengan adanya pasar tradisional ini tingkat ekonomi masyarakat mampu meningkat dan juga mampu menghidupkan atau mnumbuhkan perekonomian di wilayahnya, artinya dengan pasar tradisional ini tingkat ekonomi masyarakat bisa terjaga dan juga meningkatkan ekonomi wilayah tersebut tanpa kehadiran pasar modern.

Kita pasti sudah tahu dan mendengar bahwa di SOLO yaitu wilayah jogjakarta dengan wali kotanya JOKO WIDODO  mampu mengerakan serta menigkatkan roda perekonomiannya dengan model pasar tradisional yang di kelola dan juga mendapat jaminan dari pejabatnya bahwa pasar tradisional adalah nyawa ekonomi di solo dan juga masyarakat tanpa memprioritaskan pasar-pasar modern seperti mall atau swalayan yang menjadi sumber peningkatan ekonomi di solo.

Bukti dari keseriusan walikota solo bahwa pasar tradisional adalah pengerak ekonomi di solo adalah tidak atau membatasi ijin pembangunan pasar-pasar meodern di wilayahnya guna membentengi pasar tradisional, ambil contoh kasus yang terjadi anatar Gubernur jawa tengah dan Walikota solo terkait bangunan lama yang ada di wilayah solo agar di jadikan atau di konversi menjadi pasar modern/Mall dengan alasan untuk meningkatkan perekonomian di solo sedangkan Walikota solo mempertahankan bangunan tua itu untuk di jadikan cagar alam bangunan saja dengan alasan pasar modern sudah terlalu bayak di solo dan nantinya akan mematikan pasar tradisinal.

Artinya konsep ekonomi yag di pakai di negara kita ini yaitu ekonomi pasar (Dunia) sangat tidak cocok dan merugkan rakyat dan negara ini terbukti rakyat semakin miskin dan menjadi buruh di negerinya sendiri daripada kaum investor/pemodal yang sangat aman dan nyaman untuk mengeruk kekayaan alam di negeri ini karena ada jaminan dari pemerintah yang berkuasa. justru konsep ekonomi kerakyatnya yang nyata-nyata mampu mengerakan dan meningkatkan perekonomian rakyat di ambaikan karena konsep ini tidak / di anggap merugikan bagi kaum pemodal dan pengusaha di dalam negeri ini.

By. arifin

sumber http://ekonomi.kompasiana.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 4, 2012, in copy paste 4 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: