Jokowi maju, Solo mencekam

Tak bisa di bayangkan kota yg tadinya tenang tiba tiba bisa beruba mencekam buat warganya.solo adalah kota yg tenang dan damai bagi setiap orang yg yg sempat menyinggahi kota ini. kota dengan slogannya “the spirit of Java “ini benar-benar membuat para pelancaong baik domestik maupun manca negara terasa nyaman dan ingin sekali tinggal berlama-lama di kota ini.
terpancar keramahan yg kental di kota ini.jika kita ingin berjalan-jalan mengelilingi Kota Solo semakin kita menyusuri jalan kotanya akan terasa ketenangan di hati jauhnya perjalan yg yg kita tempuh seakan hilang kelelahan itu Solo Benar-benar kota yang tenang, damai, indah dan selaras. Ukiran-ukiran budaya tergores di sepanjang pagar-pagar jalan, macet tak dikenal di kota ini segalanya terlihat rapi dan indah. Halaman-halaman rumah penduduknyapun masih banyak ditanami dengan pohon-pohon yang rindang dan menyejukan hati. Sungguh Kota yang sangat menyejukan hati. Rumah-rumah Joglo yang masih sangat terawat terlihat di sepanjang jalan.
tak kala menariknya sensasional di malam hari jika kita penggemar berat makanan anda akan mendapatkan pengalaman kuliner yang sangat menarik di kota ini. tapi kota yg indah itu sekarang jadi menakutkan warganya. seakan akan ada pembiaran apa yg saya saksikan di TV, sekelompok orang membawa senjata dan aparat keamanan tak bisa menceganya.
ada apa semua ini mengapa berubah secara tiba tiba, apa karena orang nomor satu di Solo ikut mencalonkan perebutan kursi di jakarta, dan ada pihak pihak lawan kah yg tidak suka akan terlalu cepat meroketnya namanya dan ditakutkan akan melampaui pasangan yg lain, dan jika di biarkan terus maka akan sangat muda kursi itu di rebutnya oleh. dgn begitu banyaknya predikat dan penghargaan yg melekat dan di dapat kota Solo, seakan berubah 180 derajat hari itu.
Adanya upaya dari pihak yg tak suka dengan begitu cepat dan lajunya nama orang nomor satu di Solo ini harus ada cara untuk meredam demam masyarakat jakarta yg sedang mengandrungi jokowi. langka yg terbaik adalah menyerang dari dalam solo agar berubah menjadi kota yg tak terurus dan tak ramah, dan seakan akan beliau tak bisa mengurus kota solo yg kecil jika ini sudah tergambar maka akan mudah menyerangnya ” bagaimana mampu mengurus jakarta yg besar kalau kota sebesar solo y kecil saja tak mampu” itu pasti yg akan jadi bahan kuat buat kampanye mereka.

kita harus mengakui salut buat jokowi walaupun peristiwa itu telah terjadi dia masitetap berpositip thinking,

lihat saja Meskipun ketenangan kota Solo terusik pada masa-masa tahapan Pilkada DKi Jakarta yang sedang dijalaninya, Jokowi tidak berpikir bahwa kejadian tersebut terkait dengan persoalan politik. Ketika ditanya perihal adanya kemungkinan skenario politik di balik tawuran yang merusak ketenangan kota Solo tersebut, dia enggan berpikir macam-macam. Saat ini dirinya bersama aparat kepolisian ingin memastikan kota Solo kembali aman seperti semula..

“Tugas kami bersama kepolisian adalah menenangkan masyarakat, menjamin Solo tenang seperti semula. Saya tidak mau berpikir yang lain-lain. Saya akan ke Jakarta setelah betul-betul yakin keadaan dapat dikendalikan” terangnya.

sebagai pemimpin yg baik memang harus berpositip thinking, agar bisa menenangkan warganya, saya setuju dgn pendapat jokowi. itu adalah statement yg tepat di saat keadaan yg sdg memanas jgn sampai api itu semakin besar, harus segera di padamkan, seperti tulisan saya yg lalu berjudul JOKOWI DAN KERIKIL TAJAM,yang saya katakan saat ini jokowi sedang di uji mental dan kesiapanya sebelum beliau menjadi gubernur yg sesungguhnya. ujian ujian pertama ini yg harus bisa dia tunjukan ke masyarakat bahwa memang beliau pantas menduduk kursi DKI satu, ada pepata mengatakan “politik memang kejam” yg asin bisa jadi manis dan yg manis bisa jadi asin. untuk mencapai tujuannya segala carapun akan di lakukan untuk menjatuhkan lawan lain, saya tak ingin menuduh pihak mana tapi yg saya mau tekankan adalah masalah black campagne yg bisa di lakukan sekolompok orang dgn cara yg tidak halal untuk mencapai tujuan dan masalah black campagne ini sangat lekat dari partai politik yg biasa di pertontonkan elit politik di negara kita in.

mengapa black campagne ini sangat mengerikan dampaknya, apa si yg di maksud kampanye negatif itu yaitu suatu cara berkampanye dengan cara buruk atau jahat. Buruk atau jahat dalam pengertian merugikan orang lain atau lawan politik atau partai politik (parpol) lain, sedangkan si empunya kampanye hitam itu berharap dirinya atau partainya mendapatkan keuntungan. Ibarat peribahasa : mengeruhkan air, berharap ikan muncul.

Secara umum bentuk kampanye hitam adalah menyebarkan keburukan atau kejelekan seorang politikus dengan tujuan :

1. Menjatuhkan nama baik seorang politikus sehingga dia menjadi tidak disenangi teman-teman separtainya, khalayak pendukungnya dan masyarakat umum. Apabila teman-teman separtai tidak menyenanginya, maka bisa berakibat yang bersangkutan dikeluarkan dari partainya dan ini berarti karir politiknya di partai tersebut hancur. Bahkan mungkin sulit untuk diterima di partai yang lain. Apabila khalayak pendukung atau masyarakat luas tidak menyenanginya, maka diharapkan yang bersangkutan gagal terpilih dalam sebuah pencalonan.

2. Menjatuhkan nama baik seorang politikus dengan tujuan menjatuhkan nama baik parpol tempat si politikus yang berkarir, yang berefek kepada politikus-politikus lain di parpol tersebut atau bahkan sekaligus menggagalkan calon presiden yang didukung parpol tersebut (efek domino).

Cara-cara yang dipakai dalam berkampanye hitam adalah :

1. Menyebarkan kejelekan atau keburukan tentang seseorang politikus, dengan cara memunculkan cerita buruk di masa lalunya, menyebarkan cerita yang berhubungan dengan kasus hukum yang sedang berlangsung, atau menyebarkan cerita bohong atau fitnah lainnya.

2. Untuk menguatkan cerita tersebut biasanya si penyebar cerita akan menyertakan berupa bukti foto. Foto-foto tersebut bisa saja benar-benar terjadi, bisa juga benar-benar terjadi tapi tidak terkait langsung dengan permasalahan, namun si penyebar foto berharap asumsi masyarakat terbentuk atau bisa juga foto tersebut hasil rekayasa / manifulasi dengan bantuan teknologi komputer.

3. Yang lebih hebat lagi adalah apabila dimunculkan saksi hidup yang bercerita perihal keburukan, atau pekerjaan jahat si politikus, baik di masa lalu maupun yang masih belum lama terjadi.

Kampanye hitam bukanlah sebuah pilihan dalam berpolitik. Selain mengandung unsur jahat dan melanggar norma, baik masyarakat atau pun agama, kampanye hitam juga memberikan pendidikan politik yang jelek bagi masyarakat. Upaya Menghalalkan segala cara yang melandasi dipilihnya bentuk kampanye hitam menunjukkan masih buruknya moral dan keimanan seorang politikus yang melakukan hal tersebut.

sebelum kejadian di solo sudah ada selebaran gelap yg di sebarkan orang untuk menyerang pihak lain yg sengaja di pasang dan di tinggalkan yg bertujuan bisa mempengaruhi masyarakat. bahkan sampai ada upaya mengadu domba dgn pasangan yg lain bisa di lihat dari selebaran yg di sebarkan pihak lain ‘Tolak Jokowi’ itu ditempel di atas poster cagub yang diusung PKS Hidayat Nur Wahid.Isi pamflet seputar ‘fakta-fakta’ tentang Jokowi. “Tolak pemimpin haus kekuasaan dan tidak amanah.” Dalam pamflet itu foto Jokowi mengenakan kaos dan kemeja hitam.

ada pihak yg menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan cagub lain agar pihak tersebut bisa mendapat keuntungan sesaat,

kenapa cara cara politik seperti ini masi di sukai, ya karena tak ada pilihan lain, jika tidak di halangan mereka beranggapan akan sulit memenangkan PILKADA tsb jadi dgn segala cara pun akan mereka akan melakukannya agar bisa men downgrade reputasi lawan beratnya. di ambil lah strategy dgn di bangunnya skenario yg sudah di rancang matang. kejadian seperti ini bukan baru sekali tapi sudah sering terjadi di wilayah manapun di saat pilkada berlangsung. orang orang yg menyerang dgn cara kampanye negatif mereka tak bisa menunjukan kehebatan pasangannya, karena mereka sudah mati kutu, ” masyarakatnya sudah muak. apa pun yg mereka beritakan tak perna di tanggapi positip oleh masyarakat dan kurang mendapat simpati, bagaimana caranya agar pasangannya menang tak ada pilihan lain,
mulai lah mereka melancarkan serangan serang membabi buta. semua jurus di keluarkan untuk menghancurkan lawannya.

black campagne itu datang dari budaya luar tetapi sebagai bangsa yg berideologi pacasila dan masyarakat yg beragama kuat dgn kerukunannya seharusnya kekerasan di solo tak sampai terjadi. kita Boleh meniru demokrasi dan dunia politik di negara lain, tapi hendaknya dengan bijaksana dan arif. Pilih yang baik-baiknya saja yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan tinggalkan yang buruk dan merusak. Ataukah politikus-politikus kita ini memang sudah kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yg berpancasilais,

kalau pemimpin pemimpin kita saja mereka yg saat ini punya kekuasaan yg duduk di posisi penting sudah mencontohkan tindakan tak terpuji ke generasi muda maka jgn salahkan “generasi muda mu “jika mereka juga mengikuti jejak anda, jangan lah berektoerika generasi muda bangsa ini rusak karena pergaulan yg salah, bagaimana mereka tak rusak kalau anda sebagai panutan yg seharusnya sebagai teladan buat mereka bercermin sama pola pemimpin yg tak baik, anda adalah memimpin yg di berikan jabatan sesaat negeri ini seharusnya memberikan prilaku yg positip dan janganlah anda sendiri mala ikut merusaknya.

politik …oh politik…tolong jgn kau rusaklah kota yg tenang dan damai, janganlah kau hancurkan ekonomi, agama dan budaya

biarlah ketentraman itu milik masyarakat negerimu dan jgn lah karena hanya untuk kepentingan sesaat kau rusak negerimu sendiri. padahal jabatan yg kau akan emban adalah amanah yg berat yg harus kau pertanggung jawabkan kelak nantinya di hadapan masyarakat dan tuhanmu. Ini adalah pelajaran berharga buat pendidikan bangsa betapa kampanye hitam sangat tindak baik untuk semua pihak. selamat memilih warga jakarta cermati dan berpikir cerdas agar anda tidak terjebak dgn berita berita yg menyesatkan. janganlah salah memilih pemimpin yg tepat untuk kotamu tercinta JAKARTA.

Ridwan Garcia

May 06, 2012

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 6, 2012, in copy paste 6 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: