JoKo Wi Main Film Finding Srimulat; Santai Hadapi Black Campaign

Anda pasti sudah kenal dengan pria ceking kelahiran Surakarta yang mengaku mengandrungi SRIMULAT sejak ia masih kecil. “Pertama karena memang saya bertetangga dan suka dengan Gepeng, kedua tentu saja ikut andil melestarikan seni panggung tradisi klasik bangsa,” jelasnya yang mengaku keterlibatannya sebagai cameo dalam film Finding Srimulat menjadi bentuk dukungan terhadap film Finding Srimulat.

Bisa jadi Finding Srimulat menjadi momentum kebangkitan seni tradisi klasik seperti yang terpapar dari kalimat cerdas Reza Rahadian sebagai pemeran karakter Adi yang mencari Srimulat untuk proyek tontonan usaha EO. “Saya sejak SD dan memang Srimulat menjadi ikon budaya Jawa yang sudah membumi sehingga menjadi aset nasional. Tidak hanya orang Jawa saja yang menyukainya, bukan? Tidak hanya kebanggaan tapi keterlibatan saya dalam film ini menjadi bentuk dukungan riil untuk melestarikan budaya tradisi klasik.

Kita tinggalkan Reza karena saat saya menulis artikel ini Anda pasti sudah menyaksikan debat kandidat Cagub Pilkada DKI Jakarta di Metro TV, bukan ? Saya masih berada di kota Surakarta, tepatnya Taman Budaya Surakarta bersama dengan seniman Srimulat seperti Djujuk, Mamiek dan lainnya. Joko Widodo berhasil saya temui dan mendekatkan mata hati untuk melihat sendiri pemimpin rakyat yang suka menyapa dan mau diajak foto bersama dan mau mendengarkan keluhan dari warganya.

Tepatnya di pelataran Stasiun Solo Balapan, tampak jelas porter, tukang becak, penjual jamu berbaur dengan penumpang yang baru turun dari kereta api langsung menyerbu sosok pengusaha eksportir furnitur ini. Tanpa sungkan dengan seragam kebesarannya dengan kain yang melambai tertiup angin, tangan Joko Wi meraih tangan-tangan mungil anak-anak kecil sampai tangan yang sudah berurat dimakan usia pak tua yang membisikkan dukungannya untuknya maju sebagai Cagub DKI Jakarta.

Saya pun tergelitik untuk menanyakan hal-hal yang politis berkenaan dengan black campaign via selebaran atau perpanjangan media lokal yang ‘terbeli’ atas dirinya. Tidak terlihat ekspresi yang serius tapi tetap saja santai dan tanpa beban. “Santai saja dan tidak apa-apa karena justeru kompetensi lah atau kinerja yang justeru akan menjawab semuanya. Warga ibukota Jakarta pasti sudah mengerti dan bisa memilah, bukan,” ujarnya sambil berlalu meninggalkan kerumunan wartawan dan warganya.

Saya mencoba elaborasi sederhana atas figur yang cenderung dicita-citakan oleh warga Jakarta:

1.. Joko Widodo adalah pengusaha yang paling tidak sudah punya penghasilan sebelum menjabar sebagai Gubernur DKI Jakarta sehingga tidak perlu pusing untuk mencari ‘uang tambahan’ saat menjabat kelak.

2. Ia pasti akan berstatus perantau yang paling banyak punya rasa malu ketimbang kandidat lain yang cenderung sudah tidak punya rasa malu.

3. Media massa dan kedekatan fakta yang menjadi acuan utama untuk tetap SETIA mendukungnya menjadi figur pemimpin. Apakah Anda yang pengusaha pasti akan senang bisa bertemu tanpa ada jalur birokrasi, apalagi tukang sayur yang jelas-jelas akan dibelanya apalagi wartawan yang sudah pasti akan terkecoh saat pagi-pagi sudah ada inisiatif tanpa ada gembar-gembor.

4. Kota Solo adalah kota budaya yang memang punya banyak sentra kesenian. Budaya itu memperhalus budi pekerti sehingga saat berlogika pasti dengan budaya adi luhung. DKI Jakarta butuh pemimpin yang tahu diri atas sosok figur yang SEDERHANA dan tanpa ada sesuatu yang sekonyong-konyong dipaksakan.

5. Uang bukan segala-galanya lagi karena apabila ada pemimpin yang menjadi UANG sebagai panglima sudah pasti akan SUSAH di masa yang akan datang.

Paling tidak 5 poin di atas bermuara pada egalitarian, kemajemukan, kesederhanaan dan realitas pemetaan politik anak muda kota Jakarta yang siap-siap memilih pemimpinnya.


Menurut Anda………?

sumber http://metro.kompasiana.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 11, 2012, in copy paste 11 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: