Ahok Kritik Manipulasi Anggaran Pendidikan

JAKARTA, KOMPAS.com – Calon wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melontarkan kritik tajam terkait alokasi anggaran pendidikan. Ia mengungkapkan, penyebutan anggaran pendidikan sebesar 20 persen sebenarnya tidak lebih dari manipulasi.

“Pemerintah sebut anggaran pendidikan sebesar 20 persen APBN dan APBD. Ini penipuan besar, hanya rekayasa keuangan,” tegas Ahok, sapaan Basuki dalam acara Debat Kandidat Cawagub yang diselenggarakan BEM Universitas Negeri Jakarta, Rabu (16/5/2012).

Menurut Ahok, banyak warga yang belum mengetahui atau mengecek mata anggaran yang dimasukkan dalam anggaran pendidikan. Ia mencontohkan gaji guru yang masih dimasukkan dalam anggaran pendidikan yang menyebabkan cukup besar anggaran pendidikan tersedot.

“Coba dicek komponen-komponen anggarannya. Ada gaji guru dan biaya-biaya lain yang pada pemerintahan dulu dipisahkan dari anggaran pendidikan. Kalau komponen-komponen itu dimasukkan maka sejak dulu sebenarnya anggaran pendidikan kita sudah 20 persen,” paparnya.

Masalah lain dalam bidang pendidikan soal mentalitas kepemimpinan dari tingkat sekolah hingga ke pemerintahan. Ahok mencontohkan, masih banyak pungutan-pungutan dari sekolah yang sebenarnya tidak bisa dibebankan ke orangtua/wali murid.

“Untuk bangun pagar sekolah saja disuruh orangtua kumpulin uang. Pagar sekolah bukan tanggung jawab orangtua. Kalau ada sekolah yang minta seperti itu, laporkan segera,” kata mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan aturan yang ditetapkannya saat memimpin daerah.

Ia menilai kesuksesan di dunia pendidikan turut ditentukan oleh faktor kepemimpinan. Pemimpin yang lemah akan sulit menghasil pendidikan yang berkualitas rendah. “Kalau kepala lurus maka yang ke bawah juga lurus,” tegas Ahok.

sumber megapolitan.kompas.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 17, 2012, in copy paste 17 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: