Jokowi Janji Tekan Inflasi di Bawah 2 persen

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menyatakan bahwa pemahaman lapangan dan jalur distribusi serta ketersediaan stok barang menjadi kunci dalam menekan laju inflasi. Hal itu sudah dibuktikannya selama menjabat Wali Kota Solo, Jawa Tengah, dengan mampu menekan angka inflasi hingga 1,93 persen.

Seusai mengunjungi beberapa pasar di Jakarta, Kamis (17/5/2012) malam, Jokowi menjanjikan akan mengupayakan langkah yang sama bila dipercaya memimpin Jakarta. Pasalnya, angka inflasi Ibu Kota pada 2011 berada pada angka 3,97 persen.

“Manajemen pasokan itu selalu ada stok. Kemudian manajemen distribusi barang harus tahu lapangan. Jadi, tahu di mana gudang, tengkulaknya, stok berapa, selalu terkontrol dan termonitor,” ujar Jokowi, memaparkan kunci pengendalian inflasi yang diterapkannya.

Berkat pemahaman tersebut, mantan pengusaha mebel ini terpilih sebagai pemimpin daerah Pengendali Inflasi Terbaik di Indonesia.

Jokowi mengatakan, asalkan mengerti titik-titik dan unsur-unsur pengontrolan saat di lapangan dan manajemen pasokan efektif, maka inflasi dapat dikendalikan. Kiat yang sama dapat diterapkan di Jakarta. “Asal menguasai medan lapangan, sangat mungkin diterapkan (di Jakarta). Kenapa tidak?” ujarnya.

Terkait kondisi pasar sebagai lokasi utama distribusi, Jokowi menilai masih terdapat kendala pada kondisi infrastruktur. “Masalah di pasar sekarang ini ya becek, bau, tidak tertata. Itu harus dibenahi infrastrukturnya,” ujarnya.

Jokowi menuturkan, pasar tradisional itu harus diberdayakan karena merupakan etalase para usaha mikro kecil (UKM). Oleh karena itu, salah satu cara pemberdayaan yang efektif adalah dengan memperbaiki infrastruktur pasar. Beberapa pasar tradisional yang dikunjungi Jokowi antara lain Pasar Minggu, Pasar Ular, Pasar Jangkrik, Pasar Kramat Jati, dan Pasar Inpres Senen. Ia menilai pasar-pasar tersebut perlu mendapat perbaikan infrastruktur untuk menjadi lokasi dagang yang layak.

sumber http://megapolitan.kompas.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 19, 2012, in copy paste 19 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: