Jokowi: Sisa Anggaran 6 Triliun Karena Kurang Perencanaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD DKI tahun anggaran 2011 mencapai Rp 6,47 triliun dari total anggaran senilai Rp 31,7 triliun.

Besarnya nilai anggaran yang tak terserap ini, menurut calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, disebabkan kurang efektifnya manajemen perencanaan.

“Itu karena manajemen perencanaannya yang tidak baik. Kalau manajemen perencanaannya baik, tidak sebesar itu,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/5/2012).

  • Jokowi menguraikan banyaknya sisa anggaran membuktikan rendahnya penyerapan anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Banyak hal yang menjadi arah penyerapan anggaran DKI.

Hal ini terkait dengan tingginya kebutuhan dan masalah yang membutuhkan perhatian pemerintah Ibukota. Yang terpenting, ada perencanaan yang menjadi orientasi pengalokasian dana yang perlu disiapkan SKPD sebelumnya.

Terkait perbedaan jumlah APBD Solo dan DKI yang sangat besar, Walikota Solo ini menegaskan hal itu bukan persoalan besar.

“Besar atau kecil anggaran itu bukan masalah. Kalau saya jadi Gubernur DKI Jakarta, SilPa maksimal 2 persen,” tegasnya.

Jokowi tegas mengatakan kunci pengunaan anggaran yakni adanya managemen perencanaan yang efektif dan baik.

Tak hanya Silpa, mantan pengusaha mebel ini juga tidak sepakat dengan rencana Pemprov DKI menerbitkan obligasi daerah untuk mendapatkan dana cepat dalam rangka pembangunan infrastruktur.

Menanggapi rencana tersebut, Jokowi menegaskan penerbitan surat utang bukanlah kebijakan yang keliru sepanjang menguntungkan rakyat.

“Kalau itu untuk mendorong usaha kelas menengah dan kecil sehingga lebih produktif, saya setuju. Tetapi kalau sebaiknya tidak menguntungkan masyarakat kecil, tidak usah,” kata peraih penghargaan wali kota terbaik di dunia itu.

sumber http://megapolitan.kompas.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 21, 2012, in copy paste 21 may 2012 and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: