Upaya Damaikan Tedjowulan & Hangabehi Berhasil, Jokowi Bahagia

Jakarta Penerus Keraton Surakarta yang bersengketa, Paku Buwono XIII Hangabehi dan Paku Buwono XIII Tedjowulan, sudah berdamai dan mencapai kesepakatan. Walikota Solo Joko Widodo yang ikut berupaya mendamaikan kedua belah pihak pun turut berbahagia.

“Saya datang sebagai Walikota Solo sudah berusaha merukunkan beliau-beliau ini, sudah 8 bulan. Kemarin sudah ada kesepakatan, sudah ditandatangani beliau berdua. Kita amat berbahagia sekali bahwa beliau berdua dengan kerabatnya sudah rukun,” jelas Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi usai acara selamatan bersatunya 2 raja Keraton Surakarta di kediaman cucu Paku Buwono X, BRAy Mooryati Soedibyo, Jl Ki Mangunsarkoro 69, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/5/2012).

Jokowi menjelaskan, perdamaian dua raja itu sudah diteken di Hotel Grand Mahakam pada 16 Mei 2012 malam lalu yang disaksikannya.

“Itu ditandatangani di Grand Mahakam dan saya mengetahui. Jadi fungsi pemerintah sebatas merukunkan. Kemudian, manajemen di dalam, pengelolaan kami serahkan ke Keraton. Moga-moga tidak ada masalah,” imbuh Jokowi yang mengenakan kemeja kotak-kotak ini.

Pak apakah acara ini termasuk rekonsiliasi dukungan kepada Anda sebagai cagub DKI? “Oh ndak, ini proses 8 bulan lalu. Kebetulan saja rukunnya sekarang. Nggak ada kaitannya, Ini fungsi saya sebagai Walikota Solo. Kebetulan aja pakai (baju) kotak-kotak,” jawab Jokowi.

Konflik internal Keraton Surakarta terjadi pasca Paku Buwono XII mangkat pada tahun 2004, tanpa meninggalkan permaisuri dan putra mahkota. Sebagian pihak mendukung pengangkatan putra tertua, KGPH Hangabehi sebagai pengganti, sedangkan sebagian besar lainnya mendukung putra kelima, KGPH Tedjowulan, sebagai pengganti. Akhirnya selama lebih dari tujuh tahun terdapat dua raja di salah satu kerajaan penerus dinasti Mataram tersebut.

Pada 10 Mei 2012, Tedjowulan – seorang bangsawan berpangkat kolonel TNI AD – menyatakan bersedia melepas gelarnya dengan alasan demi kebaikan keraton dan mendukung upaya pemerintah merukunkan kedua pihak. Dia akan bergabung pada kakaknya, Paku Buwono XIII Hangabehi untuk bersama-sama mengelola keraton sebagai pusat kebudayaan.

(nwk/nrl)

sumber http://news.detik.com/

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 21, 2012, in copy paste 21 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: