Jokowi Tak Ingin Campuri Urusan Intern Keraton

TRIBUNJOGJA.COM, SOLO – Langkah Wali Kota Solo, Joko Widodo yang memediasi proses rekonsiliasi dua Raja Keraton Kasunanan Surakarta, bukan berarti dirinya ingin ikut campur dalam urusan intern keluarga keraton. Jokowi mengatakan, dirinya memediasi perdamaian dua raja tersebut murni karena menjalankan kewajiban sebagai wali kota dalam upaya pelestarian heritage di Kota Solo. Terlebih, konflik yang terjadi selama ini terbukti menghambat aliran dana baik dari pusat, provinsi maupun dana dari APBD Kota untuk pelestarian bangunan kerton dan kebudayaan di dalamnya.

Selama ini, terang Jokowi, Keraton Kasunanan Surakarta mendapat alokasi dana di APBN hingga puluhan miliar rupiah. Namun, dana tersebut tidak bisa dicairkan karena pemerintah mengetahui adanya dualisme kepemimpinan di keraton yang menyebabkan kacaunya sistem pertanggungjawaban penggunaan dana hibah dari pemerintah. Sedangkan dalam APBD Kota Solo, dianggarkan dana sebesar Rp 300 Juta untuk hibah pelestarian kebudayaan dlkeraton.

“Keraton ini kan pusat budaya Jawa. Kepentingan kita ya pelestarian heritage. Itu sudah jadi tugas pemerintah. Proses rekonsiliasi ini juga akan terkait dengan anggaran, proses pencairan dana untuk keraton juga akan lebih lancar dengan adanya rekonsiliasi ini. Sehingg, proses pelestarian budaya Jawa di keraton dan pelestarian fisik keraton bisa berjalan baik dan lancar,” urai Jokowi.

Diakui pria penggemar musik rock itu, bahwa proses untuk mendamaikan kedua raja tidak mudah dan membutuhkan waktu yang lama. Dirinya membutuhkan beberapa kali pertemuan dengan kedua raja tersebut selama kurun waktu delapan bulan terakhir. “Rekonsiliasi ini proses yang panjang, butuh waktu delapan bulan. Saya menemui Sinuhun Hangabehi dan Tedjowulan. Bahkan Pak Gubernur (Gubernur Jateng, Bibit Waluyo) beberapa kali juga menemui (dua raja),” katanya.(tribunjogja.com)

sumber http://jogja.tribunnews.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 22, 2012, in copy paste 22 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: