DPS Kacau, KPU DKI Tak Belajar Dari Pemilu 2009

Ahok.Org – Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Siti Zuhro ikut mengomentari persoalan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Menurutnya, jika benar ada pemilih fiktif dan selisih antara perekaman e-KTP dengan DPS hingga jutaan pemilih, berarti pemerintah dan KPU tidak belajar dari buruknya DPT Pemilu 2009 lalu.

“Tidak ada political will yang serius untuk membenahi DPT. Padahal sudah jelas tahun 2007 ada masalah,” kata Siti Zuhro dalam diskusi “Membangun Demokrasi Pancasila Dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 Yang Aman dan Damai” di Hotel Grand Alia Jakarta Pusat, Senin (21/5).

Seharusnya, kata dia, ada pembenahan yang serius setelah Pileg 2009. “Tapi ternyata begini lagi, terlihat tidak ada terobosan,” ungkapnya.

Diakuinya, perbaikan DPS memang cukup rumit dan tidak bisa diselesaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) saja.  “Saya ikut KPU pusat dalam pemuktahiran data pemilih yang prosesnya memang agak berbelit, tapi bisa diaplikasikan untuk membenahi pemilu 2014,” ungkapnya.

Siti berharap dengan adanya Elektronik-KTP masalah pemutahiran data pemilih bisa segera teratasi. “Kita optimis dengan e-KTP. Dengan pemukhtahiran data pemilih kan ada peningkatan tapi perubahan itu bukan untuk pemilukada saat ini,” ujarnya.[Jpnn]

sumber http://ahok.org

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 23, 2012, in copy paste 23 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: