DPRD DKI Minta Penetapan DPT Pilkada Ditunda

VIVAnews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, kemarin menggelar pertemuan terkait kontroversi data pemilih sementara (DPS) Pemilukada DKI Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, DPRD meminta kepada Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta untuk menunda penetapan DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang rencananya ditetapkan pada 26 Mei mendatang.

Ketua Komisi A, Ida Mahmuda, mengatakan pihaknya akan memanggil KPU DKI Jakarta dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pekan ini untuk duduk bersama dengan DPRD.

“Prinsipnya Komisi A membuat surat pada KPU untuk ditunda dulu penetapan DPT, sampai penyelesaiannya rampung,” kata Ida, di gedung DPRD DKI, Jakarta, Kamis, 24 Mei 2012.

Pertemuan tersebut dijadwalkan pada Jumat, 25 Mei 2012. Dikatakan Ida, polemik data pemilih pada pemilihan gubernur 2012 adalah saling lempar kesalahan antara KPU dan Dinas Dukcapil. “Selama ini, Dukcapil dan KPU saling lempar-lemparan. Mana yang salah dan benar. Terkesan kesalahan ada di KPU. Untuk melihat kesalahan ada di mana kami panggil keduanya,” ujar dia.

Meski demikian, menurut Ida pengunduran penetapan DPT ini tidak akan mengganggu tahapan Pilgub. Diharapkan agar pemungutan suara tetap dilaksanakan pada 11 Juli 2012. “Penundaanya tidak lama. Pokoknya sampai hari Jumat setelah rapat itu digelar. Ada spare waktu yang bisa dikejar,” jelasnya.

Ida menegaskan data pemilih pada Pemilukada DKI tidak dapat menggunakan sistem KTP elektronik atau e-KTP, sebab proses rekam data e-KTP belum selesai sampai saat ini.

“Saya menolak jika e-KTP dijadikan dasar untuk daftar pemilih pada Pilkada. Karena banyak warga yang belum merekam data,” ujar Ida.

Ida menuding kekisruhan ini berawal dari Kementerian Dalam Negeri yang memberikan penghargaan pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas selesainya rekam data e-KTP. Padahal pada kenyataannya, baru 80,5 persen warga Jakarta yang merekam data e-KTP.

“Kesalahan pertama adalah Mendagri menetapkan e-KTP di Jakarta 100 persen. Jadi merembet sekarang,” katanya.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Purba Hutapea mengatakan data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diberikan sudah termasuk dengan warga yang pada 11 Juli telah berumur 17 tahun, yakni sebanyak 109.681 warga.

Menurut Purba, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 12 tahun 2010 tentang tata cara pemutakhiran data pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, KPU harus melakukan pemutakhiran data. “Itu tugas KPU untuk memutakhirkan data menjadi DPS,” ujarnya.

Purba menerangkan, perbedaan data disebabkan karena banyak warga yang memiliki KTP lebih dari satu. Oleh sebab itu, setelah DP4 diserahkan harus di mutakhirkan lagi oleh KPU. “Ada indikasi 1 orang memiliki lebih dari 1 NIK. Ada 250 ribu di Jakarta, orang yang punya NIK lebih dari 1,” tuturnya.

sumber   http://us.metro.vivanews.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 24, 2012, in copy paste 24 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: