Hangabehi dan Tedjowulan Kompak Semobil ke Balai Kota Solo

TRIBUNJOGJA.COM , SOLO – Sekitar pukul 10.00 Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Paku Buwono XIII Hangabehi dan Tedjowulan tiba di tempat pertemuan di Loby Ruang Kerja Wali Kota di Kompleks Balai Kota Solo, Kamis (24/05/2012). Keduanya nampak kompak dan datang bersama-sama dalam satu mobil Pajero Sport berwarna merah.

Tedjowulan yang keluar terlebih dahulu, mempersilakan Raja Hangabehi untuk berjalan terlebih dahulu masuk ke ruang pertemuan. Keduanya mengenakan pakaian yang serupa, yakni jas berwarna hitam dengan dalaman batik berwarna cokelat. Kedatangan dua penggedhe keraton tersebut disambut oleh Wali Kota Solo, Joko Widodo dan keduanya dipersilakan masuk ke ruang kerja wali kota.

Pertemuan ini merupakan yang pertama kali mempertemukan Hangabehi dan Tedjowulan di Kota Solo pascarekonsiliasi dua raja yang dilakukan di Jakarta beberapa waktu lalu. Pertemuan ini diharapkan bisa menjadi awal baik bagi perdamaian keluarga keraton yang telah terpecah sejak delapan tahun lalu. Perdamaian dua raja tersebut diharapkan dapat mengangkat kembali citra keraton sebagai pusat kebudayaan jawa.

Wali Kota Solo, Joko Widodo langsung membuktikan janjinya untuk mempertemukan seluruh anggota keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan dijadwalkannya agenda pertemuan antara Sinuhun Hangabehi dengan Tedjowulan yang rencananya diadakan hari ini, Kamis (24/05/2012) pukul 09.45 di Ruang Loby Balai Kota Solo.

Sebelumnya, wali kota yang akrab disapa Jokowi tersebut siap mempertemukan seluruh anggota keluarga Keraton Kasunanan Surakarta untuk menyelesaikan seluruh konflik yang terjadi di lingkungan keraton. Pertemuan besar tersebut akan digelar di Balai Kota Solo dalam waktu dekat ini. “Semuanya akan saya pertemukan. Kemarin (pertemuan penandatanganan surat rekonsiliasi) di Jakarta itu informalnya, nah ini nanti yang pertemuan formalnya,” katanya.

Dirinya berharap pertemuan dua raja yang sudah sepakat berdamai tersebut bisa menjadi awal yang baik untuk proses selanjutnya, yakni pelestarian keraton dan kebudayaan di dalamnya. Selain itu dirinya juga berharap seluruh keluarga dapat menerima dengan baik berdamainya dua raja dan menandai selesainya konflik yang telah berlangsung selama delapan tahun. “Ya ini awalnya rajanya dulu bertemu, selanjutnya seluruh keluarga besar,” katanya kemarin. 

sumber  (Tribunjogja.com)
Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 24, 2012, in copy paste 24 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: