WALIKOTA JOKOWI Siap Memediasi Dalam Konflik Keraton

SOLO--Sejumlah utusan dari Kusumowandowo, Kamis (24/5/2012) petang menemui Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) di rumah dinas walikota Loji Gandrung.

Ada lebih dari 10 orang yang datang, di antaranya KGPH Puger, KP Edy Wirabhumi, KP Satryo Hadinagoro dan KP Winarno Kusumo. Pertemuan berlangsung di ruang penerimaan tamu Loji Gandrung dan tertutup bagi wartawan.

Tidak banyak informasi yang bisa dikorek dari para utusan sentana itu. Saat dicegat wartawan seusai pertemuan mereka mengatakan tidak ada masalah serius yang dibicarakan. “Kami hanya meminta Walikota untuk memediasi pertemuan antara kami dengan tim Sinuhun dan Tedjowulan, dan Pak Wali bersedia,” ungkap KGPH Puger, yang diamini oleh KP Satryo Hadinagoro.

Satryo menambahkan, pihaknya berpegang pada apa yang dikatakan Walikota bahwa kerukunan yang sudah terjalin tidak akan merugikan dan melukai perasaan pihak manapun.

Sementara itu, Walikota Solo, Jokowi membenarkan dirinya memang siap memediasi pertemuan antara para utusan sentana itu dengan Hangabehi dan Tedjowulan. Menurut Jokowi, para utusan itu menyampaikan bahwa mereka siap berdialog tapi dilakukan melalui tahapan-tahapan. Pertama-tama, mereka ingin dipertemukan dulu dengan Hangabehi. Setelah ada kesepakatan antara mereka dengan Hangabehi, baru mereka akan bertemu Tedjowulan.

“Jadi istilah pertemuan setengah kamar dulu, lalu setengah kamar lainnya, baru kemudian satu pertemuan satu kamar. Menurut saya itu ide bagus dan mereka sebenarnya terbuka untuk rukun kembali,” jelas Jokowi.

Jokowi menambahkan para utusan sentana itu juga memberikan jaminan keamanan dan ketenangan di dalam kompleks keraton. Jokowi pun mengatakan akan membantu mengurus permasalahan dengan pihak kepolisian sehubungan telah dilaporkannya tindakan para sentana mengadang masuknya Hangabehi dan Tedjowulan, Kamis siang.

Jokowi berharap pertemuan bertahap itu bisa selesai sebelum tingalan jumenengan, 15 Juni mendatang. Namun dia juga berharap kalau bisa dipercepat. Sedangkan pertemuan seluruh kerabat keraton yang direncanakan Minggu (27/5) malam tetap dilaksanakan dan diharapkan saat itu sudah ada titik temu.

sumber http://www.solopos.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 25, 2012, in copy paste 25 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: