LSI: Tren Dukungan Jokowi Naik, Foke Waspada

VIVAnews – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis berdasarkan hasil survei pemilihan kepala daerah DKI Jakarta terungkap bahwa tren dukungan terhadap calon gubernur dari PDI Perjuangan dan Gerindra, Joko Widodo cenderung meningkat.

Untuk itu, Peneliti LSI, Toto Izul Fatah, mengingatkan, meskipun dukungan terhadap calon gubernur incumbent dari Partai Demokrat, Fauzi Bowo, masih tinggi, harus tetap mewaspadai tren meningkatnya dukungan terhadap Joko Widodo.

“Tren Jokowi patut diwaspadai oleh Foke, meskipun tren dari 16 ke 20 persen dibanding total yang lain tidak sampai 40 persen, masih tetap Foke unggul, tapi ke depan masih perlu diwaspadai,” kata Toto, dalam konferensi pers LSI : Publik Jakarta Rindukan Figur Ali Sadikin, di kantornya, Jakarta, Minggu 27 Mei 2012.

Menurutnya, yang menjadi catatan adalah jika Jokowi mampu mempertahankan untuk menjadi trend setter bagi pemilih di Jakarta. Meskipun memang yang dilakukan oleh Jokowi menjadi tren tersendiri saat ini.

“Mulai dari tren pakai baju, mengunjungi tempat tertentu, tukang becak, nelayan, ternyata belum berpengaruh signifikan terhadap Foke, meskipun sudah turun,” ungkapnya.

Toto mengungkapkan tren penurunan dukungan Foke sebesar lima persen kemungkinan berpindah kepada Jokowi. Sebab, tren pemilih yang belum memutuskan untuk memilih calon masih berada pada angka yang sama 17 persen.

“Tapi belum pasti, begitu juga tren calon lain yang turun bisa masuk ke Jokowi,” kata dia. Seperti diketahui, tren penurunan terjadi pada hampir semua pasangan calon. Namun, berbeda dengan Pasangan Jokowi-Ahok dan Alex-Nono yang mengalami peningkatan.

Berdasarkan survei pada Maret lalu, pasangan Alex Nurdin-Nono Sampono memperoleh 3,9 persen kemudian naik menjadi 5,3 persen pada Mei ini. Pasangan Jokowi-Ahok memperoleh 14,4 persen pada Maret lalu menjadi 20,9 persen.

Sementara pasangan Foke-Nara memperoleh 49,1 persen pada Maret lalu menjadi 43,3 persen pada Mei ini. Kemudian Hidayat Nurwahid-Didik J Rahbini memperoleh 8,3 persen turun menjadi 7,6 persen saat ini. Pasangan Faisal Bisri-Biem Binyamin memperoleh 5,8 persen turun menjadi 4,1 persen pada Mei. Terakhir pasangan Hendarji Supanji-Riza Patria dari 1,2 persen menjadi 1,1 persen sekarang.

“Sementara untuk yang menjawab rahasia dan belum menentukan pilihan dari 17,4 persen menjadi 17,7 persen,” tegasnya.

Survei yang dilakukan LSI dan Citra Komunikasi LSI pada 15-22 Mei 2012 ini menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan dengan tatap muka responden secara langsung. Jumlah responden sebanyak 440 responden yang tersebar di DKI Jakarta. ditambah focus group discussion (FGD). Margin of error yang ditetapkan adalah plus/minus 4,8 persen. (adi)

sumber http://us.headlines.vivanews.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 27, 2012, in copy paste 27 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: