Jokowi Prihatin Transportasi Massal di DKI Semakin Terpuruk

JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, prihatin transportasi di ibu kota dari tahun ke tahun semakin memburuk. Karena itu, dia berjanji akan menata transportasi di Jakarta bila kelak terpilih menjadi gubernur.

Jangan sampai jumlah kendaraan terus bertambah, tapi infrastrukturnya stagnan. Kemudian jumlah penduduk juga terus membengkak, namun ketersediaan transportasi massalnya tidak beranjak.

“Ingat lho, tahun 1980 transportasi di Jakarta sudah 19 persen, sekarang malah turun jadi 2 persen. Mestinya kalau ada subway, ada monorail itu menjadi semakin meningkat, sekarang malah turun menjadi 2 persen. Ini yang harus dilihat dengan grand design total, ini mau seperti apa,” kata pria yang akrab disapa Jokowi itu usai menerima penghargaan WTN Kencana Kota Besar di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (29/5/2012).

“Saya kira semua orang tahu bahwa transportasi umum itu sangat penting, sehingga mau tidak mau harus segera dikerjakan,” imbuhnya.

Salah satu poin penting yang mendesak dilakukan di Jakarta adalah menata seluruh koridor busway.

“Seperti berkali-kali saya sampaikan, yang subway-nya, monorail-nya, seluruh koridor busway-nya, mungkin tambah tremnya, kenapa tidak? Feeder-nya, semuanya disiapkan. Meskipun itu tidak bisa total mengurangi kemacetan, tapi harus dibarengi oleh manajemen lalu lintas yang baik. Kemudian masalah tata ruang kota ini juga berpengaruh terhadap kemacetan. Karena kalau jarak rumah ke kantor jauh, ini juga berpengaruh pada naiknya mobilitas di jalan, ini juga yang harus dirancang ulang,” tandasnya.

(ful)

sumber http://jakarta.okezone.com/

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 29, 2012, in copy paste 29 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: