Para Pencari Kerja Ingin Jadi Teknisi Mobil Esemka

SOLO (KRjogja.com) – Muncul fenomena perubahan orientasi kerja dikalangan calon tenaga kerja di Solo. Bila sebelumnya mereka getol ingin menjadi PNS, menyusul santernya pabrik otomotif bakal berdiri di Solo, para calon tenaga kerja ingin menjadi pekerja di industri otomotif Esemka yang rencananya bakal diproduksi secara massal di Solo.

“Setelah pengumuman kelulusan SMA dan SMK banyak calon tenaga kerja yang menanyakan kapan dibuka lowongan kerja industri manufakturing mobil Esemka, mereka merasa bangga kalau bisa ikut berpartisipasi menjadi teknisi atau pegawai pabrik mobil Esemka,”ujar Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Solo Singgih Yudoko kepada KRjogja.com, Rabu (30/5) di ruang kerjanya.

Didampingi Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Agus Alwanto, Singgih mengatakan jumlah pencari kerja di Solo setiap bulannya rata-rata berjumlah 130 orang. “Hampir separuhnya mereka berpendidikan SLTA dan mereka menyatakan berminat bekerja di perusahaan otomotif Esemka bila pabriknya sudah berdiri kelak,” tuturnya.

Diakui oleh Singgih masih ada sejumlah kendala di kalangan calon tenaga kerja untuk dapat mengakses informasi tentang lowongan kerja maupun dapat diterima di dunia kerja sesuai dengan minat dan bakat calon tenaga kerja. “Banyak calon tenaga kerja yang jatuh dalam tes wawancara serta cara membuat surat lamaran kerja yang menarik bagi perusahaan yang dikirimi surat lamaran kerja,” paparnya.

Solusi bagi para pencari kerja yang sulit mendapatkan informasi bursa lowongan kerja, Dinsosnakertrans Solo membuka tiga jenis pelayanan bursa kerja yakni yang konvensional seperti pengumuman lowongan kerja di tempel di kantor Dinsosnakertrans Jalan Slamet Riyadi Solo. Kedua membuka layanan SMS gateway, dimana calon naker dapat mengirim pesan
pendek (SMS) ke nomor 081.22630.3000 kemudian mendapat balasan informasi tentang lowongan kerja yang ada.

“Animo pengirim SMS gateway cukup besar, rata-rata 100 orang pengirim setiap bulannya ingin mengetahui lowongan kerja yang tersedia,” ujar Kepala Seksi Penta Agus Alwanto.

Sementara layanan lainnya adalah dibukanya Bursa Kerja Online (BKOL) semacam warung internet di kantor Dinsosnakertrans yang disediakan secara cuma-cuma  bagi para calon tenaga kerja. “Para canaker bisa membuka situs http://www.bursakerja-surakarta.com secara gratis juga situs lowongan kerja lainnya di ruang BKOL kantor Dinsosnakertrans. Selain untuk membuka cakrawala pemikiran para canaker juga mereka membiasakan diri menggunakan perangkat internet sehingga akhirnya mereka mendapat lapangan kerja sesuai dengan minat dan bakatnya,” ujar Agus Alwanto. (Hwa)

sumber http://krjogja.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Mei 31, 2012, in copy paste 31 may 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: