Jokowi: Masalah Angkutan Umum. Tarik yang Lama, Berikan yang Baru

Jakartabaru.co – Memperbaiki transportasi umum supaya layak dan nyaman merupakan pekerjaan rumah besar yang menjadi momok bagi pemerintah DKI. Kebanyakan kebijakan tentang revitalisasi dan peremajaan angkutan seringkali mentok dengan keenganan pengusaha angkutan.  “20 tahun yang lalu saya ke Jakarta dan naik Kopaja, hari ini saya (kembali,-red) naik Kopaja. Tidak membaik, malah semakin memburuk. Kopaja sudah tidak layak, harus kita ganti demi kenyamanan penumpangnya.” tutur Jokowi seusai menumpang Kopaja saat mendaftar sebagai Cagub ke KPUD DKI Jakarta.

Solusinya menurut Jokowi, pemerintah harus mau rugi untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.  “Kita tarik semua yang tidak layak dan tidak nyaman, lalu kita ganti yang baru. Baik itu Metromini, Kopaja, maupun angkot. Ini sistemnya pemberian. Hibah. Masa sih ga mau kalau dikasih.” tegasnya.

Jokowi menegaskan, pemerintah di tingkat awalnya tidak perlu mengambil untung dari transportasi umum. “Harus mau rugi. Ini kan pelayanan masyarakat.  Nanti kalau masyarakat sudah nyaman, lebih sejahtera, penghasilan daerah akan naik dengan sendirinya.” tuturnya.  Jokowi juga menuturkan, Pemda DKI Jakarta memiliki uang yang lebih dari cukup untuk membiayai sendiri peremajaan angkutan umum.

Pembangunan Monorail dan MRT yang telah diwacanakan juga mendapatkan perhatian khusus dari Jokowi. “Kalau mau Jakarta jadi kota modern dan berskala internasional, ini wajib dilanjutkan. Tidak ada kota besar yang tak punya MRT.” katanya.

sumber http://www.jakartabaru.co

 

 

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 1, 2012, in copy paste 01 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: