Jokowi: Intervensi Pemerintah Diatur UU

SOLO,suaramerdeka.com – Wali Kota Joko Widodo menolak pernyataan Paguyuban Kawula Keraton Kota Surakarta (Pakasa) yang menyatakan, intervensi pemerintah yakni Gubernur Jateng dan Wali Kota Surakarta kebablasan hingga mengusik wilayah adat keraton.

Menurut Wali Kota, dirinya mewakili Pemkot Surakarta terjun ke kancah konflik keraton untuk meredam kekisruhan dan mengembalikan dua kubu agar tetap rukun.

“Saya memang melakukan intervensi, pemerintah pusat dan provinsi juga. Tetapi itu dalam hal merukunkan, bukan manajemen internal. Itu perintah UU No 11/2010 tentang Cagar Budaya, kuwi diwaca. Masa saya harus bolak – balik ngomong soal itu. Diwaca. Itu semuanya sudah dijelaskan. Jadi kami melangkah ini ada dasarnya,” tegas Jokowi, ketika ditemui di Kompleks Balai Kota Solo, Jumat (1/7).

Apa yang ditempuh Pemkot itu sebagai wewenang pemerintah diatur dalam Bab VIII, tanggung jawab pendanaan, pengawasan dan penyidikan cagar budaya diatur dalam Bab IX dan X, mulai dari pasal 95 hingga 100, UU Cagar Budaya.

“Jadi dalam hal pendanaan, pelestarian cagar budaya menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Anggaran itu meliputi perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan kompensasi cagar budaya. Sedangkan proses rekonsiliasi ini merupakan upaya penyelematan dan perlindungan keraton sebagai warisan budaya. Kami ingin keraton bisa optimal menjalankan fungsi sebagai sumber nilai budaya bagi masyarakat. Ini tidak ada urusannya dengan bantuan yang sudah dipersiapkan pemerintah,” papar orang nomor satu Kota Solo panjang lebar.

Jokowi mengungkapkan, adanya bantuan itu memang sudah kewajiban pemerintah agar ritual budaya dan pemeliharaan fisik bisa tetap terjaga. Kalau internal keraton sudah baik, maka administrasi pencairan akan lebih mudah.

“Saya tetap laksanakan perintah untuk merukunkan Keraton Surakarta. Nanti saat jumenengan tiba, pasti semua sudah baik,” ungkapnya.

( Budi Sarmun S / CN32 / JBSM )

sumber http://www.suaramerdeka.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 2, 2012, in copy paste 02 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: