Jokowi Kritisi Transparansi APBD DKI

JAKARTA – Cagub DKI Jakarta, Joko Widodo mengkritisi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tidak transparan soal APBD. Tudingan tersebut bukan tanpa sebab, hasil survei menunjukkan 92 persen warga Jakarta tak mengetahui jumlah APBD DKI karena sulit diakses.

“Ini kan salah, semestinya warga tahu dan mengerti APBD kotanya. Kalau saya nanti memimpin Jakarta, saya siap membeberkan data APBD DKI kepada warga,” kata Jokowi di Jakarta Timur, Sabtu(2/6/2012).

Menurutnya meski fungsi pengawasan telah menjadi wewenang dari inspektorat, namun warga Jakarta tetap perlu tahu anggaran yang kepentingannya untuk rakyat. Menurutnya, bukan hal sulit untuk bisa lebih terbuka soal anggaran.

Jika terpilih, pria asal Solo, Jawa Tengah ini siap menjabarkan anggaran ke publik sampai satuan ketiga secara penuh, dimana harga pakaian Gubernur pun dapat diketahui publik.

“Kalau hal itu memang diperlukan, ya saya siap untu melakukan. Kenapa harus ditutup-tutupi. Kalau memang tidak ada penyelewengan, kenapa takut,” katanya.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini sudah menyiapkan cara agar masyarakat lebih mudah mengetahui peruntukkan APBD. Kata dia, transparansi anggaran bisa dengan menempel poster-poster di setiap kelurahan.

“Akses warga Jakarta untuk melihat proses pembuatan anggaran dan besarnya anggaran pun akan lebih mudah,” cetusnya.

sumber http://jakarta.okezone.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 4, 2012, in copy paste 04 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: