Masih banyak pemilih siluman, Jokowi tolak DPT

Sindonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah mengesahkan rekapitulasi jumlah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta di Hotel Lumire, Senin, Jakarta kemarin.

Dari hasil rapat pleno itu, KPU DKI Jakarta menetapkan jumlah DPT sebanyak 6.983.692 orang pemilih. Dari hasil tersebut, lima tim sukses pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta menolak menandatangani penetapan jumlah DPT. Alasannya, masih banyak pemilih siluman yang masuk DPT.

Kelima tim sukses yang menolak tersebut yakni timses dari pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki T Purnama (Ahok), Hendardji Soepandji-A.Riza Patria, Hidayat Nur Wahid (HNW)-Didik J Rachbini (Didik), Faisal Basri-Biem Benjamin, serta pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Jadi, hanya timses pasangan incumbent Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) yang menandatangani penetapan jumlah DPT tersebut. Kelima timses yang menolak menandatangani DPT itu menilai, masih belum validnya Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau masih terdapat pemilih siluman yang tercantum di DPS.

“DPT sampai tadi malam kita tidak tanda tangan, saya sudah sampaikan (kepada timses) jangan tanda tangan sebelum masalahnya rampung,” ujar salah seorang calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kepada wartawan di Pasar Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (3/6/2012).

Jokowi pun protes atas kebijakan pihak KPU DKI Jakarta yang menetapkan jumlah DPT tanpa dipersetujui banyak pihak pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

“Jadi tadi malam KPUD mengetuk. Masa yang mendadatangani cuma satu timses, yang lain tak menandatangi, langsung diketuk palu. Secara Undang-undang, itu tidak dibenarkan. Kalau yang tandatangan lima pihak pasangan, satu belum tandatangan, itu bisa ditolerir. Ini hanya satu pihak pasangan yang tandatangan, yang lima tidak, sudah diketuk palu,” tegasnya.

Sekedar diketahui, KPU DKI Jakarta menetapkan jumlah DPT sebesar 6.983.692 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 15.059.
“Setelah melalui perbaikan, maka DPT ditetapkan dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 3.553.672 pemilih, dan perempuan sebanyak 3.428.507 pemilih dan total jumlah pemilih DKI Jakarta 6.982.179 dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 15 ribu,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar, Sabtu 2 Juni 2012..

Berikut rincian DPT itu:

1. Jakarta Pusat, pemilih terdaftar 791.059 dengan total 791.063, dan jumlah TPS 1.713.

2. Jakarta Utara Pemilih terdaftar 1.163.575 total pemilih 1.165.078, dan jumlah TPS 2.587.

3. Jakarta Barat pemilih terdaftar 1.503.434, total 1.503.434, dan jumlah TPS 3.331.

4. Jakarta Selatan jumlah pemilih terdaftar 1.511.031, total 1.511.035 dan jumlah TPS 3.223.

5. Jakarta Timur pemilih terdaftar 1.996.745, total 1.996.747, dengan jumlah TPS 4.162.

6. Kepulauan Seribu pemilih terdaftar 16.335, total 16.335, dan jumlah TPS 43.

(san)

Editor: Hariyanto Kurniawan
Laporan: Rico Afrido

sumber http://www.sindonews.com

Iklan

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 4, 2012, in copy paste 04 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: