Joko Wi Saja Tidak Malu Pakai Esemka

Hari ini saya sangat tertarik dan kagum dengan berita yang ditayangkan di halaman depan harian kompas tanggal 3 Januari 2012 ini.Berita itu adalah berita tentang Wali kota Solo, Joko Widodo atau akrab disapa dengan sebutan Joko Wi, dimana mulai hari Selasa ini melakukan hal yang terkesan biasa namun berhasil memukau rakyat termasuk saya sendiri. Bagaimana tidak, ditengah hiruk pikuknya isu politik tentang korupsi di negeri ini dan tingkat konsumsi para pejabat negara yang berlebihan, Joko Wi kembali hadir dengan kesederhanaannya. Para pembaca pasti sudah tahu banyak bagaimana kesederhanaan seorang Joko Wi. Mulai dari “jajanan” nasi kucing yang murah meriah sampai menggunakan mobil dinas bekas walikota terdahulu yaitu Toyota Camry tahun 2002 yang konon katanya sering mogok namun beliau enggan untuk menggantinya.

Nah, untuk urusan mobil inilah yang akan penulis angkat pada tulisan kali ini. Seperti yang diberitakan pada harian kompas hari ini, Joko Wi mengganti mobil Toyota Camry yang sudah menemani rangkaian dinas beliau dengan mobil yang jauh lebih murah bahkan mobil tersebut bukanlah mobil merek Jepang ataupun merek Eropa. Ya, Joko Wi menggunakan mobil hasil karya anak bangsa berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) yaitu Kiat Esemka. Mobil ini 80% dirakit oleh siswa SMK Negeri 2, SMK Negeri 5, dan SMK Warga di bawah binaan bengkel mobil Kiat Motor, Klaten, Jawa Tengah. Mobil ini berkapasitas mesin 1500 cc yang tentunya sangat jauh berbeda dengan cc milik Camry yang terkenal itu. Dari segi harga pun, harga mobil ini sangat jauh berbeda dengan harga Camry. Kiat Esemka yang sekarang digunakan Joko Wi hanya berharga 95 juta rupiah yang tentunya sangat jauh berbeda dengan harga Toyota Camry yang menyentuh angka ratusan juta rupiah tersebut.

“Saya bangga memakai buatan anak negeri sendiri. Kalau saya ada urusan di Jakarta, Semarang atau daerah lain, akan saya pakai,” kata Jokowi seusai acara serah terima mobil yang pada saat test drive , Joko Wi mencobanya sendiri. Bahkan pada berita yang saya baca kemarin dan dikutip dari portal berita online detik.com, Joko Wi mengatakan bahwa suspensi mobil tersebut tak kalah bagusnya dengan mobil luar negeri. Sama-sama nyaman.

Hal sederhana inilah yang membuat kita bangga memiliki salah satu pejabat negeri yang tidak neko-neko, bersahaja bahkan tidak segan-segan mendukung hasil karya anak bangsa dengan contoh nyata. Beliau tidak hanya sibuk meneriakkan kampanye “cintai produk Indonesia” yang setelah itu diam dan hanya angin lalu, namun beliau juga menunjukkan dengan langkah nyata yaitu ikut menggunakan produk yang asli dari Indonesia. Sungguh sikap yang sangat luar biasa dari seorang pemimpin, dimana beliau tidak hanyut dalam euphoria kepemimpinan yang serba glamour, gila hormat dan mempertahankan gengsi, namun beliau justru hanyut dalam euphoria kebangkitan karya cipta anak negeri.

Dengan sikap Joko Wi yang bersahaja seperti ini, ternyata tidak semua orang mendukung sikapnya. Ada yang menganggap beliau melakukan pencitraan diri yang berlebihan. Hal itu saya lihat dari mention akun twitter artis-artis Indonesia dan beberapa orang penting di Indonesia yang menanggapi berita ini yang ditayangkan oleh akun twitter detik.com. Namun menurut saya pribadi, hal ini jelas bukanlah pencitraan diri yang berlebihan. Karena kalau bukan pemimpin yang “maju” lebih dahulu, lalu siapa lagi ? Siapa lagi yang ingin kita ambil contoh nyata rasa cinta dan pengabdian terhadap Indonesia dan rakyatnya ?

Dengan beliau melakukan tindakan sederhana seperti yang telah saya bahas diatas, kita dapat mengambil sisi positif dari sikap beliau tersebut, antara lain;

Merubah persepsi masyarakat tentang murid-murid sekolah kejuruan dalam hal ini SMK dan STM yang selalu dianggap biang onar dan raja tawuran. Merubah persepsi masyarakat bahwa siswa SMK dan STM adalah murid-murid yang cerdas dan kreatif, yang mampu menciptakan suatu karya yang membanggakan bagi Indonesia di mata dunia. Kiat Esemka menjadi pionir dalam hal ini dan pemakaian mobil ini oleh wali kota menjadi sebuah kebanggan sendiri bagi anak-anak SMK yang menciptakan mobil tersebut.

Membangun semangat seluruh siswa di Indonesia baik itu SMK, STM ataupun SMU, bahwa mereka bisa membuat karya yang baik dan luar biasa lagi. Joko Wi yang menggunakan Esemka menjadi contoh seseorang yang membangun semangat bagi siswa/i tanah air dalam hal ini khususnya di kota Solo. Membangun semangat bahwa karya mereka diapresiasi dengan baik oleh seorang wali kota yang terpandang dan dengan hal seperti ini, pastilah para siswa/i SMK di kota Solo akan berlomba menciptakan karya yang lebih fenomenal agar kelak dapat diapresiasi oleh salah satu pejabat negara di negeri ini atau bahkan digunakan Presiden.

Meningkatkan produksi produk karya anak negeri dan Menumbuhkan rasa cinta terhadap produk Indonesia. Dengan hal seperti yang dilakukan Joko Wi, tentunya banyak pejabat yang (semoga) mengambil contoh dari apa yang telah dilakukan Joko Wi dalam mengapresiasi karya anak negeri. Masyarakat pun akan melihat bahwa menggunakan produk dalam negeri itu sah-sah saja dan tidak kalah membanggakan dengan menggunakan produk luar negeri, karena wali kota saja dan (semoga) pejabat negara lainnya pun turut menggunakan produk dalam negeri yang artinya produk tersebut aman dan terpercaya. Jika sudah seperti ini, dapat dipastikan tingkat produksi produk dalam negeri akan meningkat dan membawa kesejahteraan baru bagi pengusaha dalam negeri dan menambah pendapatan baru bagi negara ini.

Jika sudah seperti itu pastilah Indonesia akan banyak menciptakan pemimpin yang benar-benar merakyat. Merakyat dalam hal ini pemimpin bisa mendengar rakyat, menjadi rakyat dan mendukung rakyat. Joko Wi menjadi salah satu contoh pejabat serta pemimpin yang merakyat.

Jadi, buat pejabat-pejabat negara disana yang sedak duduk anteng dan selalu mementingkan gengsi, kemewahan dan kehormatan ada baiknya anda mencontoh Joko Wi. Rakyat butuh dukungan anda secara nyata.

Joko Wi saja tidak malu pakai Esemka yang dibuat anak-anak SMK “kemarin sore”, bagaimana dengan anda para pejabat negara ???

Salam kompasiana 🙂 -Yonathan Christanto-

sumber http://sosok.kompasiana.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 8, 2012, in copy paste 08 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: