Jokowi Merasa Tak Pantas Terima Gelar Keraton

TRIBUNNEWS.COM SOLO – Wali Kota Solo, Joko Widodo mengaku sudah ditawari oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta gelar kebangsawanan karena dinilai telah berjasa dalam proses rekonsiliasi dua raja di keraton. Namun, pria yang akrab disapa Jokowi tersebut dengan halus menolak pemberian gelar kehormatan dari keluarga darah biru tersebut.

Meski terlibat langsung dalam proses pendamaian keluarga keraton, dirinya merasa belum punya jasa yang besar kepada keraton. Karena itulah, dirinya merasa tidak cukup pantas menerima gelar kehormatan dari Raja Sinuhun Paku Buwono XIII. “Yang diberi itu yang punya jasa saja. Dengan konsep mendamaikan dua pihak dianggap berjasa, tapi saya merasa belum berjasa,” katanya kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (12/06/2012).

Menurut dia, dirinya hanya melaksanakan tugas dari kementerian untuk mengawal proses perdamaian keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Karena itulah, dirinya sebagai pribadi tidak berjasa dalam proses rekonsiliasi di keraton. “Saya melaksanakan tugas selaku pemerintah. Sudah tugasnya pemerintah untuk melestarikan heritage. Jadi ini bukan jasa perorangan,” ujarnya.

Jokowi juga membenarkan bahwa empat menteri yang terlibat dalam proses rekonsiliasi tersebut juga akan mendapat kekancingan dari keraton. Selain itu, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo juga masuk dalam daftar calon penerima gelar kehormatan dari keraton. Meski demikian, dirinya akan tetap hadir saat acara Jumenengan PBXIII pada 15 Juni 2012 mendatang. “Ya kalau waktu saya luang, saya dan muspida akan datang,” katanya.

 

Editor: Budi Prasetyo  |  Sumber: Tribun Jogja

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 13, 2012, in copy paste 13 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: