Jokowi Pertanyakan Rp 140 Triliun APBD DKI

JAKARTA, KOMPAS.com — Jokowi mempertanyakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak Rp 140 triliun dalam satu periode terkait adanya petugas kebersihan DKI Jakarta yang tinggal di gorong-gorong jembatan di Kuningan, Jakarta Selatan.

“Satu periode gubernur di sini (DKI Jakarta) ada Rp 140 triliun. Ke mana, saya enggak ngerti. Enggakngerti, saya enggak mau memberikan statement seperti itu,” kata Jokowi saat ditanya wartawan seusai menyambangi kediaman Shinta Nuriyah, istri almarhum Abdurrahman Wahid, di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/6/2012).

Menurut Jokowi, ada gap antara si kaya dan miskin. Oleh karena itu, anggaran DKI harus fokus ditujukan kepada yang tidak mampu. Saat ditanya wartawan tentang penyalahgunaan anggaran selama kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terkait adanya gap ini, Jokowi pun tak mau menilai. Namun, Jokowi tetap mempertanyakan penggunaan anggaran tersebut.

“Kalau suruh menilai orang, enggak mau saya. Tapi, Rp 140 triliun harus dipertanyakan,” ujarnya.

Jokowi menguraikan, proyek Kanal Banjir Timur termasuk proyek Menteri Pekerjaan Umum (PU), sedangkan busway proyek mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Lalu, yang paling monumental seperti apa?

Jokowi menyebutkan, tidak hanya di gorong-gorong Kuningan, Jakarta Selatan, saja yang seperti itu, di Kampung Apung, Kampung Layang, Pejagalan, Angke, dan gizi buruk juga terjadi di Penjaringan.

“Ini fakta yang enggak bisa ditutupi, tapi harus dicarikan jalan keluar. Kekurangan-kekurangan seperti itu dibuka saja, tapi dicarikan solusi,” kata Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Suhanda (32) bersama dua rekannya yang bekerja untuk Layanan Pembersihan Saluran DPU DKI memilih tinggal di kolong jembatan di kali yang melintasi kawasan Jalan Rasuna Said. Dengan bayaran Rp 40.000 sehari, kontrakan paling sederhana sekalipun di Ibu Kota tak terjangkau kantong mereka.

sumber http://megapolitan.kompas.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 18, 2012, in copy paste 18 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: