771.603 data pemilih ganda ditemukan tim Jokowi dan Alex

Jakarta (ANTARA News) – Sebanyak 771.603 data terindikasi ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berhasil ditemukan oleh Tim Advokasi pasangan Jokowi-Ahok dan Alex Noerdin-Nono Sampono.

Ratusan ribu data terindikasi ganda itu diperoleh berdasarkan hasil penyisiran dari tim relawan kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI.

Selanjutnya Tim Advokasi kedua pasangan calon secara resmi diserahkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Penyelenggara Pemilu (DKPP), di Jakarta, Kamis.

“Tim relawan berhasil menemukan data sekitar 400 ribu pemilih diduga ganda atau fiktif ganda dari DPT yang ditetapkan pada 2 Juni silam,” kata Koordinator Tim Advokasi Jokowi-Ahok, Sirra Prayuna kepada wartawan saat melaporkan Ketua KPU DKI Dahliah Umar dan Ketua Pokja Pendataan Pemilih Aminullah ke DKPP di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, beberapa hal yang ditemukan dalam data pemilih ganda atau fiktif yakni nama yang sama dengan tanggal lahir dan nomor induk kependudukan (NIK) yang sama. Kedua, adanya NIK ganda, lalu NIK kosong dengan angka nol sebanyak 16 digit dan ketidakbenaran penomoran NIK seperti NIK di bawah atau lebih dari 16 digit. Serta NIK berbeda untuk pemilih yang sama.

“Semua hasil temuan, kami pandang sebagai bentuk pelanggaran profesionalitas dan ketidakpastian hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Advokasi Alex Noerdin-Nono Samponi, RBJ Bangkit mengatakan, pihaknya juga telah menemukan sebanyak 371.603 pemilih yang diduga ganda atau fiktif.

NIK kosong dengan angka nol sebanyak 16 digit sebanyak 6.370 di Jakarta Selatan. NIK yang kurang dari 16 digit sebanyak 842 pemilih di Jakarta Pusat, 2.928 pemilih di Jakarta Selatan, 3.230 pemilih di Jakarta Barat, 439 pemilih di Jakarta Timur, Jakarta Utara sebanyak 1.225 pemilih dan 10 orang di Kepulauan Seribu.

Lalu, NIK lebih dari 16 digit ditemukan sebanyak 743 pemilih di Jakarta Pusat, 1.553 pemilih di Jakarta Selatan, 1.779 pemilih di Jakarta Barat, 1.255 pemilih di Jakarta Timur, Jakarta Utara sebanyak 1.054 pemilih dan satu orang di Kepulauan Seribu.

NIK Luar DKI yang tidak punya NIK KK, ditemukan sebanyak 2.089 pemilih di Jakarta Pusat, 5.064 pemilih di Jakarta Selatan, 4.106 pemilih di Jakarta Barat, 11.820 pemilih di Jakarta Timur, Jakarta Utara sebanyak 2.102 pemilih dan 41 orang di Kepulauan Seribu.

Selanjutnya warga DKI yang tidak punya NIK KK ditemukan sebanyak 22.434 pemilih di Jakarta Pusat, 55.277 pemilih di Jakarta Selatan, 81.670 pemilih di Jakarta Barat, 99.164 pemilih di Jakarta Timur, Jakarta Utara sebanyak 70.263 pemilih dan tidak ada di Kepulauan Seribu.

Lalu ditemukan NIK KK tidak sesuai dengan standar seperti terdapat titik dan koma, yaitu ditemukan sebanyak 1.515 pemilih di Jakarta Selatan. Terakhir NIK DKI tanpa NIK KK dan alamat hanya ditemukan di Jakarta Selatan sebanyak 461 pemilih.

“DKPP harus segera menindaklanjuti temuan ini. Dengan adanya temuan-temuan ini, KPU DKI telah melakukan pelanggaran kode etik profesionalisme. DPT nya tidak tepat dan administrasi yang tidak akurat,” tegasnya. (ANT306/R021)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

sumber http://www.antaranews.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 22, 2012, in copy paste 21 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: