Pemikiran Sekuler Jokowi-Ahok Dianggap Wacana Baik

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemikiran sekuler pasangan Jokowi-Ahok yang memisahkan agama dengan konstitusi adalah wacana yang baik. “Bagus di negara pluralis, seperti Indonesia,” kata Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Pemuda Nusantara (Gema Nusantara) Jay Mulyadi dalam diskusi Bedah Pemikiran Jokowi-Ahok di Jakarta, Kamis (21/6).

Menurut Jay, pemikiran untuk memisahkan antara agama dan konstitusi sama sekali bukan barang haram. “Pemikiran sekuler yang memisahkan dengan tegas antara agama dan konstitusi itu tidak haram,” ujar Jay.

Hanya, lanjut dia, pemikiran itu menjadi ramai karena dilontarkan oleh Ahok, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pemikiran itu kemudian dipolitisasi pihak lain. Padahal, kata dia, pernyataan Ahok yang menyebut kita harus patuh pada ayat konstitusi daripada ayat suci lebih pada konteks kehidupan bernegara.

“Kalau membandingkan kehidupan manusia dari zaman jahiliah, memang berpegang pada ayat suci. Akan tetapi, kalau kehidupan bernegara, tentu memakai ayat konstitusi. Statement Ahok itu menyulut kontroversi akibat pemahaman yang dangkal karena dipenggal kata-katanya,” kata Jay.

Menurut Jay, pihaknya justru mendukung gaya kepemimpinan Jokowi-Ahok yang sekuler dan pluralis bagi Jakarta yang memiliki penduduk beragam. “Jakarta bukan hanya orang Betawi dan Jawa, tapi juga ada dari Papua dan masyarakat internasional,” katanya.

Koordinator Relawan Masyarakat Jakarta (Remaja) Beben Rianto menyatakan, calon lain yang menggembar-gemborkan pernyataan Ahok hanya ingin menjatuhkan citra Jokowi-Ahok. “Di sini ada aksi gosok menggosok bahasa agama. Kemudian, diartikan untuk melecehkan agama tertentu,” kata dia.(Ant/ICH)

sumber http://www.metrotvnews.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 22, 2012, in copy paste 21 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: