Jokowi: Pancasila Bukan Diomongkan

JAKARTA – Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau lebih dikenal Jokowi, menyebut pasar tradisional punya peran dalam membangun ketahanan ekonomi nasional.

Menurut Jokowi, jika Indonesia berkeinginan punya ekonomi nasional yang kuat, pemerintah harus betul-betul memperhatikan keberadaan pasar tradisional.

“Jangan digusur semena-mena,” kata Jokowi dalam orasinya di malam kebudayaan bertajuk Bulan Bung Karno di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6/2012).

Jokowi mengatakan Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar jika memenuhi tiga syarat yang pernah digariskan Bapak Bangsa, Bung Karno; berdaulat di bidang politik, berkepribadian di bidang budaya, dan berdikari di bidang ekonomi.

Menurut Jokowi, pasar tradisional merupakan wujud nyata ketahanan Indonesia di bidang ekonomi. “Kenapa saya selalu pergi ke pasar-pasar tradisional, karena berdikari dalam ekonomi itulah realitas pasar tradisional kita,” terang Jokowi.

Jokowi menyebut ekonomi Indonesia sudah melenceng jauh dari cita-cita kerakyatan. Seharusnya, kata Jokowi, Indonesia harus berpegang pada Pancasila, sebagai ideologi negara.

“Pancasila bukan diomongkan, tapi dilaksanakan sebagai lifestyle kita. Kita tidak ingin bicara Pancasila, tapi karakter kita, kepribadian, dan ekonomi kita bukan mengacu pada Pancasila,” ungkap Jokowi.

sumber http://news.okezone.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 24, 2012, in copy paste 24 june 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: