Jokowi: Kembangkan Pariwisata dengan Manajemen Pencitraan

PULAU PRAMUKA, KOMPAS.com – Bukan rahasia lagi jika Kepulauan Seribu telah menjadi tempat liburan favorit khususnya bagi warga Jakarta. Selain mudah dijangkau, biaya untuk menuju lokasi ini tidak terlalu mahal dan tidak memakan waktu terlalu lama.

Untuk itu, calon gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Gerindra, yaitu Joko Widodo, mengatakan bahwa manajemen pencitraannya harus sesuai. Menurutnya, sistem manajemen tersebut harus dibentuk dulu.

“Yang penting itu, bangun dulu sistemnya. Kemudian manajemen brandingnya juga harus dipikirkan. Ikuti saja cara swasta,” kata Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (27/6/2012).

Ia berpendapat bahwa pembangunan infrastruktur di daerah pariwisata saja tidak cukup. Manajemen pencitraan tempat wisata itu yang harus dibangun terlebih dahulu sehingga pembangunan infrastruktur yang masif tidak akan sia-sia dan dapat dimanfaatkan langsung oleh warga sekitar dan pengunjung.

“Percuma infrastruktur dibangun dan promosi besar-besaran kalau sistemnya engga ada ya sama aja,” ungkap Jokowi.

Ia juga mengkritik beberapa promosi pariwisata melalui billboard yang bukan menampilkan ciri khas dari tempat wisata tersebut. “Saya heran itu kalau promosi tempat wisata tapi yang muncul bukan tariannya atau sesuatu yang khas dari tempat itu,” tuturnya.

“Coba liat di Cengkareng Soekarno Hatta, itu baliho promosi pariwisata Dumatera tapi yang muncul lain. Saya selama tujuh tahun nggak pernah pasang seperti itu,” tandasnya.

Hal ini memang terbukti tiap keluar dari terminal bandar udara Soekarno Hatta maka sejumlah billboard yang merupakan ajakan bagi masyarakat untuk berwisata ke suatu wilayah tertentu justru dominan menampilkan sosok kepala daerahnya. Salah satunya adalah promosi wisata Sumatera Selatan yang memajang Alex Noerdin.

 sumber http://megapolitan.kompas.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juni 28, 2012, in copy paste 27 june 2012. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Gua yakin banget sih pariwisata Jakarta akan jauh lebih maju di tangan Jokowi, khususnya kawasan kota tua dan pulau seribu. Karena beliau memang terkenal dengan ahli marketing. Di bawah kepemimpinan beliau, Solo bener2 di branding menjadi sebuah kota pariwisata🙂

    Hidup Jokowi-Ahok !!!

  2. Satu lagi gua lupa bilang, Kepulauan seribu itu bener2 potensial banget, bisa jadi Balinya Jakarta (lebih murah dan lebih deket) dan bisa jadi tempat favorit pernikahan di pinggir pantai yang lebih indah dari Bali. Gak ada gubernur yg punya visi kesana, tapi dengan adanya Jokowi, gua lebih optimis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: