Isu Primordialisme Versus Program Nyata untuk DKI-1

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta pada Rabu (11/7/2012) telah berakhir. Karena tidak ada satu pun yang mencapai persentase 50 plus 1, pemilihan kini memasuki gerbang putaran kedua yang dijadwalkan pada 20 September 2012.

Hanya dua kandidat yang lolos ke babak berikutnya, yaitu calon gubernur-calon wakil gubernur Foke-Nara dan Jokowi-Ahok, setidaknya dilihat dari survei yang berkembang.

Berdasarkan survei Litbang Kompas, Jokowi-Ahok berhasil mencapai suara tertinggi dengan 42,59 persen, diikuti berada di Foke-Nara di posisi kedua yang hanya memperoleh 34,32 persen.

Persoalannya, strategi politik apa yang akan dibangun kedua kandidat tersebut untuk menghadapi putaran kedua? Toto Sugiarto, Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate, mengatakan, tiap-tiap kandidat, Foke dan Jokowi, akan menjalankan strategi memainkan isu.

Foke, menurut Toto, diperkirakan mengangkat isu yang bersifat primordialisme, mulai dari etnis dan agama. “Untuk Foke kemungkinan ia akan tetap mengangkat isu-isu berkaitan agama (Keislaman) dan etnis,” kata Toto kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Selama ini dalam kampanyenya, Foke kerap mengklaim dirinya anak Betawi yang sudah lahir dan besar di Jakarta selama 40 tahun. Ia juga tak jarang mengatakan mengerti betul seluk beluk Jakarta. Sampai-sampai Foke berani katakan untuk “Serahkan Jakarta kepada Ahlinya.”

“Nah, hal ini di satu sisi berbahaya bagi Foke. Sebab banyak orang kini meragukan keberhasilannya memimpin DKI Jakarta selama 5 tahun ini. Warga menilai di bawah kepemimpinan Foke, Jakarta tidak bergerak ke arah perbaikan karena sampai hari ini Jakarta tetap macet, banjir, dan ditimpa sederetan masalah,” tutur Toto.

Bagaimana dengan Jokowi? Menurut Toto, ia berhasil merebut hati rakyat melalui program-program nyata yang ditawarkan kepada warga Jakarta. Tak jarang pula orang yang mengetahui Jokowi terbilang sukses memimpin Solo sebagai wali kota. Jokowi dinilai sosok yang merakyat oleh warga.

“Saya kira Jokowi cenderung menawarkan isu-isu program. Kerja nyata yang pro-rakyat. Semisal, bagaimana melindungi pedagang kaki lima, bagaimana warga miskin bisa semakin membaik kualitas hidupnya dan seterusnya,” kata Toto.

Setidaknya, itu yang dirasakan Susi, warga Kebagusan Kecil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, saat ditanya Kompas.com. Ia mengaku mencoblos Jokowi-Ahok pada tanggal 11 Juli lalu. Susi memastikan takkan mengubah pilihannya di putaran kedua nanti.

“Kalau Jokowi itu mau turun, bareng orang susah, mau kumpul bareng kita. Ia terlihat tulus. Tidak berjarak dengan warga,” kata Susi.

Toto menjelaskan, berbeda dengan Foke. Jokowi kerap menawarkan program-program nyata. Sebut saja, Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar. Kondisi demikianlah yang membuat warga semakin dekat dengannya.

Jokowi dinilai membawa angin pro-perubahan di tengah masalah perkotaan yang menerpa Jakarta di bawah kepemimpinan Foke saat ini. Tak sedikit warga yang melihat Foke gagal menunaikan janjinya untuk membereskan, minimal, kemacetan dan banjir yang masih menghantui Jakarta.

Dukungan kandidat lain juga patut diperhitungkan. Hidayat Nur Wahid, yang diusung PKS, boleh jadi secara ideologis lebih dekat dengan Foke yang berasal dari Partai Demokrat yang memiliki tagline“Nasionalis Religius” ketimbang dengan PDI-P.

Alex Noerdin yang didukung Partai Golkar dan PPP pun belum bisa menjatuhkan pilihan ke mana dukungannya diberikan. Akan tetapi, Toto meyakini basis massa partai, sebagai contoh PKS, di akar rumput bisa saja terbelah, antara memilih Foke atau Jokowi.

“Basis massa partai di akar rumput, seperti PKS, bisa saja terbelah. Kemungkinan ada yang ke Jokowi maupun ke Foke. Tidak ada yang bisa memastikan massa itu seragam memilih satu pasang kandidat,” tutur Toto, yang berani memprediksi Jokowi-Ahok akan memenangi putaran kedua kelak.

Editor :
Aloysius Gonsaga Angi Ebo
 sumber http://megapolitan.kompas.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juli 13, 2012, in copy paste 13 juli 2012. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Blogwalking🙂
    Salam kenal
    Keren blognya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: