“Di atas Monas” Fauzi Sulit Mengalahkan Jokowi

Sungguh diatas kertas sangat sulit bagi Fauzi untuk berbalik mengungguli  Jokowi di putaran kedua nanti. Tak heran jika ada yang berpendapat bahwa Fauzi Bowo harus legowo menerima keunggulan Jokowi. Dalam kenyataannya, sang petahana hanya merebut satu wilayah yakni Kepulauan Seribu, sedangkan wilayah Pusat, Barat, Timur, Utara dan Selatan direbut oleh Jokowi. Maka daripada akan menghabiskan biaya penyelenggaraan Pilgub putaran kedua sampai bermilyar-milyar itu, akan lebih afdolkiranya jika  Fauzi memberikan  jalan  bagi Jokowi memimpin DKI. Bagi kubu  Fauzi sangat sulit menerima keunggulan Jokowi, sebab hasil polling dari sekian banyak lembaga survey (politik) , sang petahana Fauzi lebih diunggulkan  dari kandidat lain termasuk Jokowi.

Banyak yang berpendapat bahwa “kemenangan” Jokowi lebih banyak ditentukan oleh suara-suara mengambang, suara dari mereka yang belum menentukan pilihannya sampai hari H-nya. Rupanya masyarakat memiliki bahasa batin mereka  sendiri. Kesumpekan dan kesemrawutan Jakarta selama lima tahun ini  membawa masyarakat mengambil keputusan untuk menyegarkan kepemimpinan DKI. Dan Jokowi dianggap sebagai sosok yang bisa menyegarkan dan diharapkan mampu mengatasi kesumpekan dan kesemrawutan lingkungan kota Jakarta. Sosoknya yang tak mengambil jarak dengan kalangan rakyat biasa dan keberhasilannya menata Surakarta (Solo) menjadi daya tarik tersendiri dan tidak sedikit warga DKI yang akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Jokowi.

Keberangkatan Jokowi untuk umrah adalah dalam rangka ingin “membuktikan” bahwa ia adalah seorang muslim yang taat. Bagaimanapun Jokowi dan juga PDIP maupun Gerindra berkepentingan terhadap pelaksanaan ibadah umrah Jokowi. Seakan Jokowi ingin mematahkan serangan-serangan terhadap dirinya yang dicap sebagai muslim yang “nggak jelas”, bahkan ada sebagian kalangan yang masih meragukan kehajiannya. Ingat faktor agama masih menjadi penentu dalam seluruh pilkada maupun pemilu. Sekarang  kubu lawan makin susah untuk “menyerang” Jokowi, dan yang lantas menjadi sasaran adalah pasangannya yakni Basuki (Ahok), yang memang non muslim dan keturunan Tionghoa itu. Tinggal kepada masyarakat apakah isu-isu agama dan SARA masih laku dijual untuk merebut kepemimpinan Jakarta. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kubu Jokowi bagaimana mereka menanggapinya, jika salah dalam menanggapi atau terlalu agresif bukan tidak mungkin suara yang tadinya memilih Jokowi akan beralih mendukung Fauzi.

Untuk mengungguli Jokowi, kubu Fauzi secara intensif akan terus mengadakan pendekatan kepada kubu Golkar, PPP dan PKS. Sedangkan bagi kubu independen sangat sulit untuk mencoblos Fauzi, mereka lebih cenderung memilih Jokowi atau bahkan lebih baik golput. Dari hasil rekapitulasi KPU Jakarta terlihat masih ada “ceruk pasar politik” yang sangat besar dan belum digarap yakni 2,5 jutaan pemilih yang belum menggunakan hak pilihnya pada Pilgub putaran pertama. Kubu Fauzi pastinya berharap bisa “menggarap” ceruk ini untuk mengungguli Jokowi di putaran kedua nanti.

Penggalangan dan konsolidasi kubu Fauzi harus terus dilakukan, dan bulan puasa ini saat yang tepat bagi kubunya untuk melakukan penggalangan dengan model buka bersama, tarawih keliling dan lain sebagainya. Adalah menjadi tugas berat bagi Fauzi, Nahrawi maupun Demokrat untuk mengalahkan Jokowi saat ini. Bagaimanapun citra Demokrat yang sedang terpuruk gara-gara ulah buruk kadernya (korupsi) sangat berpengaruh terhadap citra Fauzi-Nahrawi. Diperlukan langkah terobosan yang strategis dan sekaligus revolusioner agar kepercayaan masyarakat terhadap Demokrat dapat dipulihkan kembali. Jika tidak, rasanya sangat sulit bagi sang petahana untuk bisa bertahan memimpin DKI dan sekaligus  mengalahkan kandidat yang diusung oleh PDIP dan Gerindra itu.

Jakarta, 28 Juli 2012

 sumber http://politik.kompasiana.com

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Juli 29, 2012, in copy paste 29 juli 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: