Jokowi: Baru Granat, Nuklirpun Saya Hadapi (:/)

Oleh: Supriadi Purba

Apa sebenarnya penyebab Solo menjadi sasaran peledakan bom yang dilakukan oleh orang tidak dikenal?. Pertanyaan yang juga menjadi tanda tanya dari seorang Jokowi, Wali Kota Solo tersebut. Ada banyak indikasi yang berkembang, bahwa itu memang dilakukan oleh orang propesional dan dari kelompok teroris, ada juga yang mengatakan bahwa itu dilakukan oleh orang-oramng yang tidak suka terhadap Jokowi yang bakal memimpin Jakarta. Dari sini bisa dilihat bahwa indikasinya itu tertuju kepada orang-orang nya salah satu lagi calon Gubernur DKI Jakarta. Ada juga yang beranggapan bahwa sengaja Jokowi yang membuat itu, tentu alasan ini ngawur dan tidak terpikirkan oleh Jokowi,masak dia mau mencelakai kota yang membesarkannya.

Solo yang terkenal dengan nuansa kedamaian terusik dengan munculnya pelemparan bom/granat ke salah satu pos polisi yang ada di kota batik itu. Tentu orang akan banyak bertanya, ada apa dan apa indikasi di belakangnya, apakah ada yang berkepantingan terhadap peristiwa ini atau hanya sebuah kebetulan yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sementara banyak yang bertanya akan itu, Jokowi sepertinya tidak memasukkan itu ke pikirannya, jokowi terlihat santai dan tidak kwatir sedikitpun. Terlihat dari wawancaranya dengan TV One sore tadi, tanpa ada rasa kecemasan, Jokowi menjawab setiap pertanyaan dari pembawa acara kabar malam.

Bagi orang mungkin kejadian ini adalah awal yang tidak baik bagi Solo ke depan, tetapi bagi Jokowi berbeda. Dari alasannya yang langsung disampaikannya di TV menunjukkan bahwa dia percaya tidak aka nada masalah yang mendera Solo, karena Wong Solo damai, nyaman dan tidak ada gejolak selama ini. Sebuah jawaban yang sangat berwibawa dari seorang calon Gubernur yang lagi disenangi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sifat Jokowi memang sangat luar biasa, santai dan pembawaanya sederhana. Beruntung sekali warga Solo memiliki seorang pemimpin yang kuat dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Tidak pura-pura, layaknya pemimpin daerah lain yang tujuannya hanya satu kekuasaan. Buktinya setelah berkuasa, semua pada dilupakan termasuk rakyatnya dan janji-janjinya.

Keyakinan Jokowi juga menguatkan dia tidak takut terhadap granat yang dilemparkan tersebut. Bahkan kalaupun nuklir yang menjadi ancaman terhadap Solo, sepertinya Jokowi santai aja. Jokowi tidak takut karena merasa Kota Solo benar dan tidak bermasalah dengan orang lain, layaknya juga masyarakatnya terhadap masyarakat lain.

Mendongkrak Popularitas Jokowi

Siapa yang bisa menyangkal bahwa peristiwa pelemparan granat di Solo akan menaikkan popularitas Jokowi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta?. Tentu sulit menyangkalnya bukan, karena arah mata angin itu sekarang sedang menuju Jokowi untuk memimpin ibu kota, tokoh pembaharu yang didambakan oleh masyarakat. Dengan bahasa dan logat Jawa yang melekat di diri seorang Jokowi, terlihat bahwa kelemahlembutan yang akan menjadi bahasa ketika dia ditanya terkait soal bom di Solo.

Tidak secara emosional, buru-buru dan kuatir. Tentu itulah yang disenangi masyarakat, kesederhanaan, tipe santai, semua itu tentu butuh waktu lama bagi seorang Jokowi untuk memahami sekaligus mempelajarinya, karena berhubungan dengan nilai-nilai luhur masyarakat dan budaya Jawa. Akhirnya, itulah membawa dia menjadi salah satu tokoh yang bakal menjadi pemimpin besar republik ini. Karena sosok pemimpin besar masa lalu, seperti Sukarno, Hatta, Amir, Syahrir dan Tan Malaka sepertinya bersatu pada dalam jiwanya.

Dengan peristiwa ini juga Jokowi akan membuat gebrakan ke masyarakat, dia pasti akan turun dan menyatakan ke masyarakat soal ini sebagai peristiwa yang biasa, tidak usah takut tetapi waspada saja. Akhirnya, naik lagilah popularitasnya, semantara calon yang satu lagi terus-terusan main skema yang baik bahwa calon wakil gubernurnya juga sudah melakukan hal yang dianggap sebagai SARA, setelah si raja Dangdut kemarin melakukannya. Walau bebas, tetapi masyarakat sudah tahu siapa sekarang raja dangut.🙂
Semoga kedamaian di Solo mampuu menginspirasi kota-kota di Indonesia untuk berbenah, khusunya Kabupaten Karo, Medan yang merupakan tempat penulis tinggal. Semoga🙂

sumber http://politik.kompasiana.com/2012/08/20/jokowi-baru-granat-nuklirpun-saya-hadapi/

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Agustus 21, 2012, in copy paste 21 agustus 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: