Jokowi Tawarkan Pengembangan Fashion Batik

Laporan Wartawan Tribun Jogya/ Ade Rizal

TRIBUNNEWS.COM SOLO – Sejumlah calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang akan ditempatkann di berbagagai negara berkunjung ke Kota Solo, Selasa (28/08/2012). Dalam kunjungan tersebut para calon duta besar menjajaki kerjasama bilateral di bidang investasi dan perdagangan. Selain mencari tahu tentang potensi Kota Solo yang bisa dijual ke luar negeri, para calon dubes juga menggali potensi Kota Solo yang bisa dikerjasamakan dengan pihak asing.

Dalam pemaparannya, Wali Kota Solo, Joko Widodo mengungkapkan Solo siap menjalin kerjasama dalam bidang industri kreatif, kerajinan dan tekstil ke berbagai negara. Tak hanya produk Kota Solo saja yang ditawarkan oleh pria yang akrab disapa Jokowi itu, melainkan juga produk dari Kabupaten di sekitar Solo.

“Di Solo ini kerajinan apa saja bisa dibuat. Kualitas dan harganya kompetitif dengan produk sejenis buatan Cina. Orang sini pintar-pintar. Tinggal dikasih contoh langsung bisa membuatnya. Saya juga heran,” ujar Jokowi kepada para calon dubes di Guang Manganti Praja, kompleks Balai Kota.

Calon Duta Besar KBRI untuk Italia di Roma, August Parengkuan, sempat menanyakan mengenai peluang kerjasama yang bisa dijalin antara Solo dengan negara Italia. August mengaku siap membantu dengan menjadi perantara dalam mejalin kerjasama dengan Italia khususnya dalam bidang industri kreatif. “Kami siap membantu jika ada potensi Kota Solo yang bisa dibawa ke Italia. Akan kita promosikan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi menawarkan kerjasama di bidang fashion untuk mengembangkan kreasi busana batik Solo. Bentuk kerjasama bisa berupa workshop desainer lokal oleh seniman fashion asal kota kiblat mode itu. “Sebenarnya kita sudah menjalin kerjasama dengan sebuah sekolah mode di Italia. Sebenarnya kita membutuhkan pengajar mode dari Italia, agar produk busana batik kita juga beragam, tidak gitu-gitu aja,” sambungnya.

Dalam forum itu Jokowi meminta kerjasama bilateral bisa langsung diakses pengguna produk di kota-kota di luar negeri ke daerah penyedia di Indonesia maupun sebaliknya. Sayangnya, penyedia produk lokal masih lemah dalam mengambil keputusan serta mengalami kendala saat bertransaksi. Jika dua hal itu dikerjakan serius, ia meyakini produk unggulan Kota Solo mampu bersaing di pasaran mancanegara.

Sementara Staf Ahli Kementerian Luar Negeri Bidang Hubungan Kelembagaan Suprapto Martosetomo mengatakan peserta kunjungan kerja merupakan orang-orang terpilih yang ditempatkan di negara sahabat dalam rangka mengembangkan kerjasama bilateral di berbagai bidang. Di Solo, mereka menggali potensi Nusantara dan mengundang investasi mancanegara, antara lain Swiss, Malaysia, Bangladesh, Afganistan, Italia, Slovakia, Srilanka, Ukraina, India, Tunisia dan Austria (Wina).

“Sebenarnya ada 21 calon dubes, tapi yang bisa bergabung di sini hanya 11 orang. Calon dubes agar mengenal produk Solo sekalugus mengundang investasi ke Solo dan potensi apa saja di Kota Solo yang bisa dijual,” terangnya. (ade)

sumber http://www.tribunnews.com/2012/08/28/jokowi-tawarkan-pengembangan-fashion-batik

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on Agustus 29, 2012, in copy paste 29 agustus 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: