Blunder Nahrowi Ramli

Dalam acara debat kandidat Gubernur dan calon wakil gubernur DKI yang disiarkan Metro TV tadi malam, kebetulan saya tidak menontonnya  dari awal, hanya menonton bagian akhirnya saja. Ada satu hal yang menggelitik saya dalam acara itu, yaitu ketika para calon di beri kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada calon lain nya. Calon wagub Nachrowi Ramli ketika diberi kesempatan untuk bertanya kepada calon wagub Basuki alias Ahok, mengawali pertanyaan nya dengan berbicara logat cina, dia mengatakan ” hiyaa ahok….haiyaa” Ahok sendiri kelihatannya untuk sesaat cukup terkejut juga dengan gaya Nacrowi tersebut, tetapi kemudian dia berusaha untuk mengendalikan dirinya. Nachrowi kemudian melanjutkan gaya “cina” nya tersebut dengan mengatakan ” kita sodala ya… sodala…”

Entah apa maksud calon wagub dari kubu Foke melontarkan hal itu, apakah hanya sekedar bercanda atau bermaksud meledek ’si ahok’ yang cina itu. Tapi yang jelas saya yang bukan cina langsung ‘drop’ alias hilang simpati saya. Saya membayangkan reaksi saudara saudara saya yang cina melihat itu, mungkin ada yang biasa saja, tapi saya kira banyak yang akan tersinggung dengan gaya bercanda yang seperti itu, karena jelas jelas bernuansa SARA.

Tapi sangat jelas sekali apa yang tersurat dan tersirat dari gaya bercanda Nachrowi tsb,  jelas sekali bahwa dia hendak memperlihatkan bahwa si basuki atau ahok itu orang cina, sedangkan dia mengaku betawi asli.

Mungkin dia tidak terpikirkan bahwa yang jadi pemilih di Pilgub DKI ini bukan hanya orang betawi tapi banyak juga orang cina . Yang jelas menurut saya, itu adalah blunder Nacrowi yang mungkin dia tidak sadari.

Mudah mudahan warga jakarta sudah cerdas dalam memilih. Selamat memilih…

sumber http://politik.kompasiana.com/2012/09/17/blunder-nahrowi-ramli/

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on September 17, 2012, in copy paste 17 September 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: