Ini Tim Rahasia yang Mengawal Pemenangan Jokowi-Basuki

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak orang yang tersentak dengan hasil putaran pertama Pemilukada DKI Jakarta. Saat itu, cukup banyak orang yang meyakini pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama akan menjadi kuda hitam yang akan menyodok ke putaran kedua.

Namun, tak banyak yang meyakini sejak awal bahwa Jokowi-Basuk (JB) akan lolos dengan status nomor 1. Tentu saja pasangan pesaingnya saat ini yang oleh banyak lembaga survei ditempatkan pada posisi pertama menjadi pihak yang paling terhenyak dengan hasil pencoblosan pada 11 Juli 2012 lalu.

Pasalnya, sejak awal mereka telah mengusung semboyan “Menang dalam Satu Putaran.” Ada banyak faktor yang kemudian coba dianalisa para pengamat terkait keunggulan Jokowi-Basuki.

Keinginan warga akan perubahan Jakarta menjadi opini favorit. Tapi, tak sedikit yang menilai kesolidan tim pemenangan JB menjadi faktor penentu.

Pandangan terakhir rasanya tidak keliru. Bukan sekedar solid, tim pemenangan JB bergerak secara rahasia dan terorganisasi rapi, memetakan kekuatan lawan, menerobos lumbung-lumbung suara hingga lapisan terbawa, mengelola media-media sosial, termasuk melakukan perang di dunia maya dengan pendukung lawan.

“Ini kami yang selama ini boleh dikatakan hanya bergerak di bawah tanah. Tim ini sebenarnya sudah dibentuk dan mulai bergerak sejak pendaftaran pasangan calon pada bulan Maret lalu,” ungkap Hasan Nasbi, Koordinator Tim Relawan JB di Pusat Data Tim JB, Menara 165, Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2012).

Aksi mereka tak banyak terdengar sebelumnya lantaran mereka bergerak secara diam-diam. Hasan secara khusus menekankan bahwa orang-orang yang telah dilatih selama 3,5 bulan itu memang baru pertama kali diperkenalkan secara terbuka kepada publik.

Dengan anggota yang terdiri dari anak-anak muda, mereka terbiasa menggunakan perangkat teknologi. 150 orang muda itu duduk di depan 150 laptop mengawasi lalu lintas informasi dengan 45.000 relawan lain yang berada di lapangan.

“Mereka adalah operator data center. Tiap orang bertugas memonitor dan berkomunikasi dengan 300 orang relawan lapangan,” ulas Hasan.

Data center ini beroperasi selama 24 jam mulai H-3 hingga H+3 Pemilukada DKI. Tugas utama mereka selama momen krusial itu adalah memantau pelaksanaan Pemilukada yang bersih dan adil.

Mereka juga akan mengawasi pelaksanaan pencoblosan hingga proses perhitungan suara untuk mengantisipasi setiap potensi kecurangan.

“Jadi jangan coba-coba berbuat curang. Kami siap untuk mengawasi dan melaporkan apa pun bentuk kecurangan yang dilakukan lawan,” tegas Hasan.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadly Zon yang mendampingi Hasan menambahkan, sebenarnya tugas utama mereka adalah menjamin penyaluran hak konstitusi setiap warga tidak terbelenggu oleh kepentingan tertentu.

Pemilukada yang bersih dan adil terjadi manakala setiap warga yang telah memiliki hak pilih dapat menyalurkan hak suaranya secara bebas dan rahasia, kemudian suara mereka itu benar-benar terhitung sesuai dengan aspirasi yang tersalurkan melalui kertas suara.

“Ini merupakan usaha untuk menciptakan demokrasi yang bersih. Kami ingin menjamin setiap warga memiliki hak pilih dan suara mereka terhitung secara tepat. Kami ingin tunjukkan bahwa Jokowi-Basuki siap untuk menghadapi Pilkada ini secara fair,” tandas Fadly.

sumber http://pilkada.kompas.com/berita/read/2012/09/19/23063115/Ini.Tim.Rahasia.yang.Mengawal.Pemenangan.JokowiBasuki

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on September 19, 2012, in copy paste 19 September 2012. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Do appreciate to all volunteer of operator data center, you’re the winner of election process. And for blogger, damn….I like the pic with symbol of wayang character, it means that traditional culture will be rediscovery too, not only java but all around Sabang-Merauke. Cultural heritage is intangiable welfare, we learn alot from wayang character, no matter the bad and good one, as its reflection of human natural. Though I don’t choose him, but bearing in mind, it’s the emerging of cultural, our heritage, javanese wisdom – though he’s not express yet. We could feel it by open up youtube, figure out the statement, action. Due his partner as javanese wisdom, tumbu entuk tutupe, it’s mean completed each other. Greets from Borneo.

  2. Dimana ya bisa beli bju pak Jokowi _Ahok saya tinggal d Hongkong terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: