Survei Rekode: Jokowi-Basuki Unggul 20 Persen Suara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dukungan banyak partai politik, termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, ternyata tidak berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara.

Ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Lembaga Riset Kebijakan dan Otonomi Daerah (Rekode). Survei dilakukan pada H-9 sebelum pencoblosan besok.

Terungkap, hanya 40 persen pendukung Partai Demokrat yang akan memilih Foke-Nara, 17 persen justru lari ke Jokowi-Basuki. Dari Golkar, hanya 22 persen ke Foke-Nara, dan 48 persen ke Jokowi-Basuki.

Sementara, massa PKS hanya 23 persen yang setia dengan imbauan pimpinan partai untuk memilih Foke-Nara. Sedangkan 33 persennya, justru lari ke Jokowi-Basuki.

“Jadi, loyalitas kepada pasangan yang didukung partai tidak terlalu kuat,” kata Dolfie, anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan kepada wartawan, Rabu (19/9/2012).

Survei Rekode juga mengungkapkan, sebanyak 80 persen pemilih Foke-Nara di pemiulkada putaran satu, akan tetap setia mendukungnya. Sedangkan pemilih Jokowi-Basuki bakal setia dengan pilihannya, yakni sebesar 90 persen, dan 10 persen pendukung Jokowi-Basuki belum menentukan pendapat.

Sementara, 11 persen dari pemilih Foke-Nara akan berbalik ke Jokowi-Basuki, sisanya belum menentukan pendapat.

15 persen pemilih Alex-Nono di putaran pertama diperkirakan lari ke Foke-Nara, 69 persen ke Jokowi-Basuki, dan sisanya belum menentukan pendapat.

Pemilih Hendardji-Riza diperkirakan terbagi dua, separuh ke Foke-Nara, separuh lagi ke Jokowi-Basuki.

Pemilih Hidayat-Didik diperkirakan beralih ke Foke-Nara sebesar 20 persen, 40 persen ke Jokowi-Basuki, dan sisanya belum menentukan pendapat.

Pemilih Faisal-Biem diperkirakan memihak Foke-Nara sebesar 29 persen, 29 persen ke Jokowi-Basuki, dan sisanya belum menentukan pendapat.

Secara keseluruhan, papar Dolfie, survei Rekode menyimpulkan Jokowi-Basuki akan memenangkan Pemilukada DKI Jakarta, dengan selisih suara 20 persen di atas perolehan Foke-Nara.

“Sebanyak 27 persen dari responden belum menentukan pendapat, atau diasumsikan golput. Selisih Jokowi dan Foke 20 persen. Namun, itu bisa berubah bila 27 persen yang belum menentukan pilihan, beralih ke Jokowi atau sebaliknya,” jelas Dolfie.

Yunandar, dari Rekode menerangkan, populasi survei itu adalah penduduk DKI Jakarta yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, dan mempunyai hak pilih di pemilukada.

Responden dikerangkakan dari DPT Pemilukada DKI Jakarta, yang dikeluarkan KPU DKI Jakarta. Jumlah sampel ada 400 responden di 42 kelurahan, dengan sampling error 4,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Para responden diwawancarai secara tatap muka langsung, dengan quality control melalui pengecekan telepon oleh supervisor, kepada 90 persen responden. Survei itu dilaksanakan Rekode atas pesanan PDI Perjuangan.

“Kami dipercaya internal PDIP untuk melakukan survei. Awalnya mereka tak mau ini dirilis. Karena belakangan mereka mengaku membutuhkan ini dirilis, maka kami rilis. Kami melakukan survei ini dengan profesional, dan kami tak ada hubungan struktural dengan lembaga survei lainnya. Kami independen dari PDIP,” ungkap Yunandar.

Rekode bukan lembaga baru, dan sudah melakukan riset sejak Pemilukada DKI Jakarta pada 2007. Hingga kini, Rekode setidaknya sudah melakukan survei di 50 pemilukada di seluruh Indonesia, dengan klien internal partai, internal calon, dan survei independen. (*)

About Ridwan Garcia

Dalam hidupku hanya ingin melakukan yang terbaik buat diriku dan orang lain. melakukan yg terbaik itu tujuanku. Cukup banyaak juga tulisan tulisan ku di dunia maya, yg memang sengaja aku kumpulkan dalam satu website , apa yg aku tulis semoga akan bermanfaat banyak buat orang banyak dan khususnya untuk dunia maritime indonesia, aku adalah seorang pelaut. yg selalu berlayar jauh dari indonesia. karena kecintaan ku terhadap dunia maritime jika ada waktu luang aku selalu ingin menuangkan ide ide atau pengalamanku untuk membantu rekan rekan pelaut. dan ku harapkan sharing dan info yg kutulis bermanfaat buat rekan rekan pelaut indonesia. dunia maritime kita kekurangan banyak buku buku dalam terjemahan indonesia. semoga ke isengan ku ini bermanfaat buat orang banyak. salam Ridwan Garcia/ http://infokapal.wordpress.com/

Posted on September 19, 2012, in copy paste 19 September 2012. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: